Hadiri Zoom Meeting Rapat Koordinasi dengan Kemendagri, Upaya Pemerintah Kabupaten Solok Tekan Laju Inflasi

Hadiri Zoom Meeting Rapat Koordinasi dengan Kemendagri, Upaya Pemerintah Kabupaten Solok Tekan Laju Inflasi

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Solok kembali menghadiri rapat koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah melalui zoom meeting bersama Kemendagri.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Solok pada Rabu, 13 Maret 2024.

Dihadiri oleh sejumlah dinas terkait yakni, Staf Ahli Bupati, Asisten II, Pimpinan/Kepala Dinas terkait, serta Perwakilan Dinas terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir menekankan bahwa rapat tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk menstabilkan kenaikan harga pangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten/Kota yang telah berupaya dalam mengendalikan inflasi. Terima kasih kepada daerah yang saat ini tingkat inflasinya berada di bawah rata-rata nasional,” ucapnya.

Ia meminta seluruh jajaran Perangkat Daerah di Indonesia untuk menanggapi permasalahan inflasi dengan lebih serius.

Sementara itu, Deputi Distribusi NPS, Fuji Ismartini telah melakukan peninjauan tingkat inflasi dan indeks perkembangan harga minggu pertama bulan Maret 2024.

Menurutnya, kenaikan harga telah terjadi di sejumlah daerah. Berbagai jenis bahan pokok telah mengalami kenaikan harga, diantaranya telur ayam ras, daging, cabai rawit, minyak goreng, bawang merah, dan bawang putih.

Adapun komoditi beras, saat ini masih mengalami kenaikan harga dibandingkan dengan minggu lalu.

“Untuk harga beras, masih terjadi kenaikan yang cukup tinggi dibandingkan dengan minggu lalu yang sempat mengalami penurunan harga,” ujarnya.

“Diminta kepada dinas terkait untuk terus melakukan survei harga bahan pokok di pasar kita. Tujuannya agar harga di setiap kebutuhan bahan pokok dapat terpantau secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam rangka menstabilkan harga bahan pokok, Pemerintah Kabupaten Solok akan terus melaksanakan kegiatan pasar murah di beberapa lokasi.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait