Pimpinan DPRD Kota Solok Minta Pemko Berikan Perhatian Lebih ke Universitas

107

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok, Efriyon Coneng meminta Pemerintah Kota (Pemko) Solok untuk lebih memperhatikan kondisi universitas dan sekolah tinggi yang ada di Kota Solok. Menurutnya, hal ini sangat penting karena sesuai dengan salah satu visi walikota terpilih yakni menjadikan Kota Solok sebagai kota pendidikan.

Efriyon Coneng juga menerangkang, bahwa adanya Kampus di kota Solok akan mendatangkan manfaat yang banyak bagi Kota Solok. Selain meningkatkan kualitas Sumber daya manusia, universitas, sekolah tinggi atau sejenisnya juga bisa membantu menggeliatnya ekonomi di Kota Solok.

“Seperti rumah kos, warung makan, toko ATK dan lain-lain akan ikut terdongkrak,” lanjutnya,” kata Efriyon Coneng pada TopSumbar.co.id melalui via Handphone pribadinya, Minggu (28/2/21).

Akan tetapi, dilanjutkan Efriyon Coneng, untuk menarik minat pelajar-pelajar baik dari Kota Solok dan sekitarnya, kualitas Kampus yang ada juga harus baik.

“Misalnya ada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Solok Nan Indah, dulu Kampus ini Favorit di Solok. Akan tetapi agar bisa terus bersaing perlu ada dorongan dari Pemko Solok. Begitu juga universitas atau sekolah tinggi yang lain,” ucapnya.

Menurutnya, tanpa adanya dorongan dan bantuan dari Pemko Solok, kampus-kampus di Kota Solok sulit untuk maju.

“Harus ada ‘political will’ dari Pemko. Disamping itu harus ada komunikasi yang baik juga dari kampus kepada semua pihak terkait,” sebut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Terakhir, Coneng pun meyakini bahwa dengan membaiknya kualitas pendidikan di Kota Solok akan sangat berguna bagi putra putri Solok yang tak punya kesempatan untuk merantau.

“Tidak semua anak Solok berkesempatan merantau untuk sekolah. Jadi bagi mereka yang tak merantau pun harus ada pilihan tempat menimba ilmu yang layak,” pungkasnya. (Syafri)

loading...