Nagari Sungai Gambir Sako Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan Miliki Potensi Ekowisata

89

Nagari Sungai Gambir Sako, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memiliki potensi ekowisata yang cukup besar.

“Potensi ekowisata itu seperti wisata alam aliran sungai, camping, menikmati kawasan hutan yang asri dan lainnya,” kata Rudi Hariyansyah, Senin (02/08/2021).

Menurut Wakil Bupati Pesisir Selatan tersebut, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Nagari Sungai Gambir Sako tersebut yaitu arung jeram, camping, hiking, memotret, menikmati pemandangan alam, pendidikan konservasi, rekreasi, penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, identifikasi flora dan fauna.

Selain Nagari Sungai Gambir Sako, ada enam sungai di Kabupaten Pesisir Selatan yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata arung jeram, sebab kondisi sungainya berbatu besar dan curam serta menantang. Tetapi, potensi sungai tersebut belum dikelola dengan maksimal menjadi lokasi arung jeram.

“Salah satu kendalanya adalah masih minimnya sarana dan prasarana yang ada, dan akses menuju sungai tersebut masih belum ada. Padahal, jika sungai tersebut bisa menjadi kawasan wisata arung jeram, masyarakat sekitar akan mendapatkan manfaat ekonomi,” ungkapnya.

Pemkab mendukung pengembangan kawasan ekowisata itu, karena nagari ini memiliki potensi besar di sektor pariwisata, salah satunya.

Menurutnya, aliran sungai yang mengalir di sepanjang nagari ini sangat potensial dikembangkan sebagai wisata atraksi. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman kepada masyarakat akan potensi tersebut sehingga pengembangannya mampu membawa dampak ekonomi.

(R)

loading...