Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok Dinilai Tim Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi

108

Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Wakili Kota Solok dalam pemilihan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.

Kedatangan Ketua Tim Penilai Azwar beserta rombongan disambut oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra di Balai Kota Solok, yang didampingi Asisten II Setdako Solok Jefrizal, S.Pt, MT, sebelum menuju lokasi penilaian di Kantor Lurah Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan.

Tim penilai Kelurahan Berprestasi Provinsi Sumatera Barat dan rombongan turun langsung untuk melakukan penilaian tahap II (Penilaian Klarifikasi Lapangan dan Pemaparan), di Kantor Lurah Tanjung Paku, Kota Solok, Kamis (17/06/2021).

Acara ini dihadiri oleh Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini, AP, M.Si, Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok Donna Ramadhani Kirana Putra, Ny. Ketua Bidang II Rida Syaiful, Pakar Pemerintahan Provinsi Sumbar, DPMD Provinsi Sumbar, Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, TP-PKK Provinsi Sumbar, Badan Kesbangpol DPD LPM Provinsi Sumbar, serta sasaran pemaparan yaitu RT/RW, LPMK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Unsur Kesehatan, Pengurus KUD/UEM-SP/SPP, Pengurus PKK, Dasawisma, Linmas, Parpol, Niniak Mamak, Bundo Kanduang.

Dalam sambutannya, Jefrizal mengatakan Tanjung Paku diusulkan ke tingkat provinsi karena telah melewati dua level penilaian baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kota.

“Kelurahan Tanjung Paku sudah dipandang layak untuk dinilai ke tingkat provinsi, karena Tanjung Paku memiliki inovasi dan potensi yang melibatkan seluruh unsur masyarakat dan mengedepankan swadaya dan partisipasi,” ungkap Jefrizal.

Setelah sepatah kata dari Pemerintah Daerah dan pengarahan sekaligus perkenalan tim penilai perlombaan Kelurahan Provinsi dilanjutkan dengan penyampaian Expose Laporan dan Gambaran Umum Kelurahan Tanjung Paku oleh Lurah Tanjung Paku, Yenna Muriaty, S.IP, MM. Kemudian klarifikasi dilakukan pada masing-masing bidang untuk mencek kesesuaian data seputar Kelurahan Tanjung Paku.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Provinsi Sumbar mengatakan, “Penilaian Administrasi telah kami lihat dan pelajari saat bahan-bahan dikirimkan ke Provinsi Sumatera Barat. Untuk saat ini kami hanya ingin mendengarkan paparan langsung dari lurah Tanjung Paku dan berdiskusi dengan pemuka-pemuka masyarakat yang ada di Tanjung Paku,” katanya.

Selain itu, Kelurahan Tanjung Paku juga memperkenalkan jenis UKM dan lokasi wisata Taman Kitiran, serta mencicipi langsung kepada tim penilai makanan khas daerah Tanjung Paku yang dihidangkan langsung di tempat tersebut.

(gra)

loading...