Antisipasi Ispa, Bupati Pessel Hendrajoni Bagikan Masker Gratis

256

Bupati Pessel Hendrajoni saat memasangkan masker gratis pada pengendara motor

PADANG, TOP SUMBAR — Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni, berserta perangkat daerah serta dinas terkait membagikan masker gratis ke pengendara kendaraan, di jalan raya depan tugu Adipura di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Painan, Senin (23/9), sebagai bentuk peduli kesehatan pada masyarakat.

Kabupaten Pessel yang kini diselimuti kabut asap tebal, diduga akibat asap kiriman dari kabupaten tetangga yang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Selain di jalan raya depan tugu Adipura, masker gratis pun dibagikan Bupati ke masyarakat, maupun pengendara kendaraan yang melintas di jalan ilyas Yakub.

Kegiatan sosial itu, untuk memberikan kesadaran dan pemahaman ke masyarakat, disaat keluar rumah, harus gunakan masker, sebagai antisipasi dan mencegah masyarakat terserang penyakit inspeksi saluran pernapasan atas (Ispa) akibat paparan udara yang tidak sehat bercampur kabut asap.

Bupati Pessel dan pejabat lainnya, selain membagikan juga memasangkan masker langsung ke pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas. Pembagian masker dibagikan secara gratis sebagai bentuk bakti sosial.

Bupati Hendrajoni mengaku, kabut asap yang menyelimuti wilayah 15 kecamatans se-Kabupaten Pessel merupakan kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga. Untuk sementara ini, upaya pemerintah daerah bersama Kapolres dan Dandim tetap mencegah terjadinya Karhutla.

“Mesti saat ini ada titik api, tapi masyarakat harus waspada. Bagi yang membuka ladang atau kebun, tidak dengan cara membakar,” himbaunya.

Harapan Bupati masyarakat bisa terus menjaga hal ini agar tidak ada kebakaran lahan dan hutan di daerah Pessel. (Red)

loading...