Selama Libur Lebaran 2024, Peningkatan Timbulan Sampah Capai 1.722 Ton di Kota Bukittinggi

Selama Libur Lebaran 2024, Peningkatan Timbulan Sampah Capai 1.722 Ton di Kota Bukittinggi

TOPSUMBAR – Selama periode 14 hari libur Lebaran, Kota Bukittinggi dilanda padatnya aktivitas warga yang berlibur, menyebabkan peningkatan signifikan dalam timbulan sampah.

Menurut data yang dirilis oleh Dinas Lingkungan Hidup, sebanyak 1.722 ton sampah berhasil dibersihkan selama periode tersebut, setara dengan 283 truk.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan yang telah menjaga kebersihan kota, baik di pusat keramaian maupun lingkungan perumahan.

Bacaan Lainnya

Meskipun mengakui adanya beberapa keterlambatan dalam penanganan sampah, Erman Safar menyatakan rasa syukurnya atas penanganan masalah tersebut.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dari petugas kebersihan kita, semua persoalan sampah dapat diselesaikan. Mungkin ada beberapa persoalan keterlambatan, itu hal lumrah, karena memang jumlah sampah yang membludak, mencapai 1.772 ton, tentu menyita waktu juga untuk pembersihan dan pengangkutannya. Selain itu, kondisi jalan yang ramai juga akan menghambat kelancaran pengangkutan sampah tersebut. Tapi Alhamdulillah, semua bisa ditangani. Terima kasih pada petugas kebersihan kita,” ungkap Erman Safar, Rabu 24 April 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aldiasnur, menambahkan bahwa produksi persampahan Kota Bukittinggi meningkat sejak tanggal 8 April hingga 21 April 2024.

Selama 14 hari tersebut, sebanyak 1772 ton sampah berhasil dibersihkan dan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional.

“Jumlah itu setara dengan 283 truk. Itulah yang telah kita upayakan pembersihannya selama 14 hari libur lebaran lalu. Alhamdulilah semua tertangani dengan baik,” pungkasnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait