Festival Muaro Padang, Mempererat Kebanggaan dan Cinta akan Sejarah

Festival Muaro Padang, Mempererat Kebanggaan dan Cinta akan Sejarah

TOPSUMBAR – Wali Kota Padang, Hendri Septa, mengajak masyarakat untuk mencintai sejarah melalui Festival Muaro pada Jumat, 18 April 2024.

Tema ‘Tempo Doeloe’ yang diangkat dalam festival ini menghadirkan potensi warga kota dengan penampilan tradisi rakyat seni, budaya, serta ekonomi kreatifnya.

Hendri Septa menegaskan pentingnya mengenang dan memahami sejarah Kota Tua serta Batang Arau, yang di masa lalu dikenal sebagai Bandar Padang.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kota Padang turut berencana menerbitkan “Buku Sejarah Bandar Padang” yang akan diluncurkan dan didiskusikan bersama guru sejarah SMP se-Kota Padang.

Buku tersebut akan menceritakan tentang peran Batang Arau atau Bandar Padang dalam catatan sejarah, budaya, serta ekonomi.

“Buku ini merupakan buku pertama kita yang membahas Batang Arau sebagai produk Festival Muaro tahun ini.
Dengan adanya festival ini, kita dapat menyaksikan sungai yang menjadi kekayaan alam dan wisata di Kota Padang,” tambahnya.

Hendri Septa juga menekankan pentingnya menjaga sungai dengan baik melalui semangat Padang Bagoro, dan mengajak partisipasi masyarakat dalam menjaganya.

Festival Muaro diharapkan menjadi pengingat agar Batang Arau dijaga dan dijadikan objek kebanggaan bersama.

“Begitu juga kawasan Kota Tua, kawasan Batang Arau, dan juga Muaro Padang memiliki nilai sejarah. Dengan menelusuri kawasan ini menyadarkan kita akan kekayaan peradaban yang patut dijaga dan dikenali sejarahnya,” ujarnya.

Selain itu, turut melibatkan pelajar dengan membuat konten terkait Batang Arau.

Iven tersebut juga menjadi wadah edukatif dan kreatif dalam memahami Padang Tempo Doeloe sebagai pintu masuk untuk menyenangi dan memahami sejarah.

“Ini adalah khazanah budaya dan peradaban kita. Patut kita banggakan, kita sebarkan, kita jadikan sebagai kebanggaan bersama. Semoga Festival Rakyat Muaro Padang ini menjadi lebih baik karena kesadaran memperbaiki serta menempa kesadaran yang lebih bernilai, bermakna, serta benar-benar dimiliki oleh warga Kota Padang tercinta,” pungkasnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait