Ny Fitria Amalia Audy Lakukan Penilaian Gerakan PKK Berprestasi Tingkat Sumbar di Kelurahan Nan Balimo

Ny Fitria Amalia Audy Lakukan  Penilaian Gerakan PKK Berprestasi Tingkat Sumbar di Kelurahan Nan Balimo
Ny Fitria Amalia Audy Lakukan  Penilaian Gerakan PKK Berprestasi Tingkat Sumbar di Kelurahan Nan Balimo

TOPSUMBAR – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan yang mewakili Kota Solok dalam penilaian Gerakan PKK berprestasi Tingkat Sumatera Barat tahun 2024, dikunjungi oleh tim penilai pada Kamis, 25 April 2024.

Rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Hj. dr. Fitria Amalia Audy, disambut oleh Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra selaku pembina TP-PKK Kota Solok, di lokasi penilaian yang berlangsung di gedung pertemuan RW IV Gelanggang Betung, Kelurahan Nan Balimo.

Kedatangan tim penilai di Kota Beras Serambi Madinah ini disambut dengan prosesi tari galombang.

Bacaan Lainnya

Hadir juga Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny Zulmiyetti, Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok Ny Dona Ramadhani, serta seluruh jajaran pengurus TP-PKK kelurahan, kecamatan, dan tingkat kota.

TP-PKK Kelurahan Nan Balimo terpilih sebagai wakil Kota Solok pada ajang penilaian tahun ini setelah sebelumnya menjadi pemenang di tingkat Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wawako Solok menyampaikan selamat datang kepada rombongan tim penilai.
Beliau menyatakan bahwa kehadiran Wakil Ketua TP-PKK Sumbar di Kota Solok untuk mendukung pelaksanaan program-program pemberdayaan keluarga merupakan sebuah kebanggaan.

Ramadhani menyebutkan bahwa berkat kolaborasi semua elemen, termasuk program-program gerakan PKK, angka kemiskinan ekstrim di Kota Solok berhasil diturunkan menjadi nol persen pada tahun 2024.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Solok menempati posisi nomor 4 tertinggi di Sumatera Barat, menandakan keberhasilan Kota Solok dalam membangun kesejahteraan warganya.

Wawako juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari OPD, Camat, Lurah, kader, dan pengurus PKK tingkat Kota, Kecamatan, maupun Kelurahan serta pemangku adat yang terus memberikan komitmen dan dukungan penuh terhadap gerakan PKK Kota Solok.

“Hari ini ada penilaian gerakan PKK Tingkat Provinsi, kita jadikan penilaian ini sebagai ajang evaluasi bila ada kekurangan, semoga Kelurahan Nan Balimo dapat mewakili Sumbar di tingkat nasional,” tutup Dhani.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua TP-PKK Kota Solok Dra. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian Umar.

Beliau menyebut bahwa pelaksanaan 10 Program Pokok PKK tak lepas dari peran relawan Kader PKK yang gigih berjuang tanpa pamrih dalam membina dan menggerakkan potensi-potensi masyarakat.

Ny. Fitria Amalia Audy memperkenalkan tim penilai yang mendampinginya ke Kota Solok, yang terdiri dari sekretaris tim, Pokja I s/d Pokja IV.

“Lomba gerakan PKK ini memantau dan mengevaluasi sejauh mana capaian 10 Program Pokok PKK di Nagari atau kelurahan di Sumatera Barat. Kegiatan ini penting dalam meningkatkan kualitas 10 Program Pokok PKK dan memastikan program-program yang akan dilaksanakan berjalan efektif dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil Rakernas ke-9 PKK tahun 2021, Ny. Fritria Amalia menyebut sasaran penilaian dari 5 kategori penilaian, antara lain lomba kelembagaan dan tertib administrasi PKK (sekretaris), lomba pola asuh anak dan remaja di era digital (Pokja I), lomba kampung mandiri (Pokja II), lomba kawasan Aku Hatinya PKK (Pokja III), dan Lomba PHBS plus Pokja IV.

Kegiatan penilaian dimulai dengan ekspos oleh Ketua TP-PKK Kelurahan Nan Balimo, Yuliwati, S.Pd, dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dan wawancara.

Dalam eksposnya, Yuliwati menyampaikan bahwa Kelurahan Nan Balimo memiliki 9 kelompok Posyandu, 9 kelompok BKB, 2 BKR, 2 BKL, dan 50 kelompok Dasawisma dengan penduduk sebanyak 9500 jiwa.

Yuliwati memaparkan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh TP-PKK Kelurahan Nan Balimo, seperti gerakan remaja pelopor yang memproduksi susu kambing, Gerakan Peduli Suara (GPS) gerakan penyediaan makan bagi warga yang mendapat kemalangan dengan dana sumbangan dari warga, Goberling (gotong royong bersih lingkungan), USTA PROMAMI (usaha tapai produksi makanan dan minuman), BUNTEL NYAMAN (Bunga Telang banyak manfaat), dan GESER BRO (gerakan sehat bebas asap rokok) untuk menciptakan lingkungan bebas asap rokok.

(GRA)

Pos terkait