Evaluasi Rembuk Stunting di Kabupaten Mentawai, Tingkatkan Sinergi dan Kepedulian Bersama

Evaluasi Rembuk Stunting di Kabupaten Mentawai, Tingkatkan Sinergi dan Kepedulian Bersama

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Mentawai menggelar kegiatan Rembuk Stunting di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Rabu, 27 Maret 2024.

Kegiatan tersebut dalam rangka mengevaluasi dan memberikan laporan kegiatan rembuk stunting, serta memastikan adanya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting.

Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus D., membuka secara langsung kegiatan rembuk stunting tersebut.
Turut hadir sejumlah Kepala OPD, perangkat desa, dan stakeholder terkait lainnya, baik dari organisasi perangkat daerah, lembaga non-pemerintah, maupun masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurut kepala Dinas (DPMDP 2KB) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Nicholaus Sorot Ogok menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari tahapan perencanaan daerah dalam percepatan penurunan stunting.

Sehingga percepatan penurunan stunting dapat terintegrasi melalui koordinasi serta konsolidasi program dan kegiatan Pusat, daerah hingga ke tingkat Desa.

Tujuannya ialah untuk menguatkan sinergi, kepedulian, dan meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Percepatan penurunan stunting ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen kita bersama dalam mempercepat penurunan angka stunting,” ujarnya.

“Kegiatan ini melibatkan Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Desa, Pimpinan Instansi, serta Organisasi Masyarakat,” tambahnya.

Menurutnya, melalui kegiatan rembuk stunting tersebut dapat mengubah pola pikir OPD terkait untuk ikut berperan dan bertanggung jawab dalam mengentaskan persoalan stunting.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap OPD terkait dapat merubah pola pikirnya agar turut berperan dan bertanggung jawab dalam mengentaskan persoalan stunting,” ujarnya.

“Bukan hanya persoalan gizi, namun juga termasuk berbagai aspek kehidupan seperti sanitasi, air, lingkungan, serta aspek lainnya. Sehingga angka stunting di Wilayah Kabupate Kepulauan Mentawai dapat menurun,” pungkasnya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait