Gubernur Sumbar Lantik Fauzan Hasan Gantikan Zefnihan sebagai Pj Wali Kota Sawahlunto

Gubernur Sumbar Lantik Fauzan Hasan Gantikan Zefnihan sebagai Pj Wali Kota Sawahlunto

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melantik Fauzan Hasan sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto pada Kamis, 25 April 2024.

Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Gubernuran Sumbar, Padang dan dihadiri oleh sejumlah penjabat dan instansi lainnya.

Fauzan ditetapkan oleh Mendagri Tito Karnavian menggantikan Zefnihan sebagai Pj Wali Kota Sawahlunto.

Bacaan Lainnya

Hal ini berdasarkan dengan SK Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.3-968 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Wali Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat.

Sebelumnya, Fauzan telah dikenal luas oleh publik di Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, hingga Kabupaten Dharmasraya.

Fauzan yang bertugas di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Lahir dari keluarga terpandang, ayahnya pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung termuda pada masanya.

Ayahnya juga tercatat menjadi wakil bupati pertama di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, kemudian meneruskan karir menjadi ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mahmud Yunus, Batusangkar.

Pada tahun 2005, ayahnya Prof. Dr. H. Hasan Zaini, MA bersama Paryanto, ST, MM mengikuti kontestasi Pilkada Dharmasraya, namun belum berhasil meraih suara terbanyak.

Sedangkan ibunya, Yurnalis juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya dari Partai Golkar.

Fauzan juga merupakan seorang lulusan dari STPDN, ia adalah senior daripada Benny Dwifa Yuswir yang kini menjabat sebagai bupati Sijunjung.

Dengan ditetapkannya Fauzan menjadi Pj Wali Kota Sawahlunto kian menambah daftar panjang birokrat asal “Ranah Lansek Manih” yang “memacit” di berbagai daerah.

(AG/ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait