Antusiasme Tinggi saat Sholat Id di Lapangan Wirabraja, Wako Bukittinggi Erman Safar Sampaikan Program Pemko

Antusiasme Tinggi saat Sholat Id di Lapangan Wirabraja, Wako Bukittinggi Erman Safar Sampaikan Program Pemko

TOPSUMBAR – Jamaah Kota Bukittinggi menunjukkan antusiasme tinggi saat melaksanakan Sholat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi, pada Rabu, 10 April 2024.

Wali Kota dan Unsur Forkopimda turut serta dalam shalat berjamaah bersama warga.

Shalat Id di Lapangan Wirabraja dipimpin oleh Dr. Muhammad Zalnur, M.Ag., seorang dosen dan ketua program studi doktor S3 Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, peran Imam Shalat Id diemban oleh Ustadz Asril Arif, S.Ag., S.IQ., MA, pemimpin Quran Center Batam Kepri.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan kebahagiaannya dapat melaksanakan Sholat Id berjamaah bersama masyarakat Bukittinggi tanpa perbedaan waktu.
Hal ini dikarenakan Pemerintah telah mengumumkan hasil sidang isbat bahwa 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

“Kami, atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi dan secara pribadi bersama keluarga, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin,” ungkap Erman.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota menyampaikan beberapa program Pemerintah Kota.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sejak 2022 hingga 2024 didedikasikan sepenuhnya untuk upaya penanggulangan kemiskinan.

Banyak program pemerintah daerah yang sudah dan akan dilakukan untuk membantu masyarakat, termasuk anak yatim dan kaum dhuafa, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

“Kami berhasil menekan angka kemiskinan Kota Bukittinggi dari 5,14% pada tahun 2021 menjadi 4,11% pada tahun 2023.

Begitu pula dengan tingkat pengangguran yang turun dari 7,51% pada tahun 2020 menjadi 4,9% saat ini,” jelasnya.

Wali Kota menambahkan bahwa sesuai dengan fokus RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2021-2026 pada pembangunan sektor ekonomi dan sumber daya manusia, Pemerintah Kota Bukittinggi telah melaksanakan beberapa kebijakan dan program untuk perbaikan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM.

“Program seperti Tabungan Utsman, yang merupakan pinjaman modal tanpa biaya dan tanpa bunga bagi pelaku UMKM Kota Bukittinggi, telah memberikan dampak positif. Kami juga memiliki program pengentasan kemiskinan dan perlindungan sosial bagi masyarakat rentan,” tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bukittinggi, Eri Iswandi, dan Ketua PHBI Bukittinggi, Zulfikar, menyampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 H, termasuk takbiran bersama dan shalat Id di Lapangan Wirabraja.

Dr. Muhammad Zalnur, sebagai khatib shalat Id, menyampaikan pesan tentang kesucian dan pengabdian dalam khutbahnya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga tradisi adat basandi syara’ syara’ basandi kitabullah (ABS-SBK) dalam kehidupan masyarakat Bukittinggi.

“Kota Bukittinggi memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi, terutama melalui program seperti Tabungan Utsman. Saya berharap program ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi inspirasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Setelah shalat Id, Wali Kota Bukittinggi mengadakan open house bagi masyarakat setempat.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait