145 Pelajar Mengikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman untuk Tahun 2024

145 Pelajar Mengikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman untuk Tahun 2024
145 Pelajar Mengikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman untuk Tahun 2024

Topsumbar – Sebanyak 145 siswa dari SMA/SMK/MA di Kota Pariaman mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pariaman tahun 2024.

“Pada acara Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman tahun 2024, saya ingin menegaskan kepada kalian, generasi muda yang akan menjadi penerus pembangunan bangsa, terutama kepada Calon Paskibraka Kota Pariaman, pentingnya menjaga keutuhan bangsa dan negara. Jadilah generasi yang kuat dan mumpuni,” ujar Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, saat membuka acara di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu, 20 April 2024.

Roberia menekankan pentingnya pemahaman akan Pancasila sebagai pondasi perjanjian luhur bangsa, yang nilainya berasal dari budaya bangsa Indonesia, yang mengarah pada persatuan dan kebersamaan.

Bacaan Lainnya

“Inti Pancasila adalah gotong royong. Dalam gotong royong, leluhur kita tidak mengenal hari kerja, melainkan hari kalender. Ketika negara membutuhkan kita, seorang pemimpin akan menugaskan bawahannya untuk bekerja bersama-sama,” tambahnya.

Roberia juga mengapresiasi semangat tinggi para siswa calon Paskibraka dalam seleksi tersebut. Dia menekankan pentingnya kejujuran dalam mengikuti seleksi, terutama ujian fisik, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, Roberia berharap yang terbaik terpilih sebagai anggota Paskibraka Kota Pariaman, mengingat peran penting mereka dalam upacara HUT Kemerdekaan RI.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman, Ferry Ferdian Bagindo Putra, menjelaskan bahwa seleksi tersebut bertujuan untuk membentuk generasi yang tangguh, mandiri, dan berkarakter Pancasila, serta memilih anggota Paskibraka yang mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Peserta seleksi Paskibraka Kota Pariaman 2024 terdiri dari 145 orang, dengan rincian 66 putra dan 79 putri dari pelajar kelas X SMA sederajat di Kota Pariaman, yang telah lolos seleksi administrasi melalui sistem pendaftaran online yang ditetapkan oleh BPIP. Mereka akan mengikuti seleksi selama 8 hari ke depan dengan berbagai ujian yang telah ditetapkan.

Kuota anggota Paskibraka Kota Pariaman yang dibutuhkan untuk bertugas adalah 36 orang, dengan rincian 20 putra dan 16 putri. Dari hasil seleksi ini, akan dipilih 2 putra dan 2 putri dari Kota Pariaman untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan diharapkan ada wakil dari Kota Pariaman yang dapat mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Nasional.

(Zaituni)

Pos terkait