Wali Kota Padang Canangkan Program Pesantren Ramadhan 1445 H untuk Generasi Muda Kota Padang

Wali Kota Padang Canangkan Program Pesantren Ramadhan 1445 H untuk Generasi Muda Kota Padang

TOPSUMBAR – Wali Kota Padang, Hendri Septa, secara resmi meluncurkan program Pesantren Ramadhan 1445 H yang dijadwalkan akan dimulai pada 14 Maret 2024 mendatang.

Peluncuran ini dilakukan seiring dengan kegiatan wirid bulanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, Jumat 1 Maret 2024.

Hendri Septa menyampaikan bahwa program Pesantren Ramadhan telah menjadi kegiatan rutin selama 20 tahun terakhir dan menjadi pengganti jam belajar di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

“Pesantren Ramadhan tahun ini akan berlangsung hingga tanggal 5 April, ditandai dengan i’tikaf bersama di masjid dan mushalla. Program ini akan menekankan pada pengembangan kompetensi dasar keagamaan dan kompetensi khusus bagi generasi muda yang berakhlak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hendri Septa berharap program ini dapat memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai agama dan budaya, sejalan dengan falsafah Minangkabau, Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Dukungan dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat, terutama para orang tua, sangat diharapkan untuk kesuksesan pembangunan di sektor pendidikan, khususnya melalui program Pesantren Ramadhan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kota Padang, Jasman, mengungkapkan bahwa tema Pesantren Ramadhan tahun 2024 adalah “Melalui Pesantren Ramadhan Wasilah Melahirkan Kepemimpinan Islami pada Generasi Muda di Kota Padang.”

Peserta program ini meliputi siswa kelas 4-6 SD/MI, siswa SMP/MTs, dan siswa MA, dengan melibatkan total 80.372 pelajar dan 1.800 masjid/musala.

Acara pencanangan Pesantren Ramadhan juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Padang, ASN di lingkungan Pemerintah Kota Padang, Pengurus BKMT, serta pelajar dari seluruh Kota Padang.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait