Turunkan Angka Inflasi, Bupati Gelar Rakor Pembangunan Bidang Pertanian bersama Camat dan OPD terkait

Turunkan Angka Inflasi, Bupati Gelar Rakor Pembangunan Bidang Pertanian bersama Camat dan OPD terkait

TOPSUMBAR – Dalam rangka menurunkan angka Inflasi Daerah, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby ingin mewujudkan Pertanian Terpadu.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Bidang Pertanian di Ruang Rapat Bupati pada Senin, 25 Maret 2024.

“Saya ingin setiap daerah di Kabupaten Kuansing ini mempunyai produksi unggulan. Oleh karena itu, saya meminta OPD terkait untuk segera memetakan komoditas apa saja yang berpotensi di Daerah masing-masing,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

“Diminta kepada Staf Ahli, Kepala Dinas, dan Camat untuk segera berkoordinasi dengan Pj Kades setempat. Harapannya, di tahun depan perencanaan ini dapat membantu swasembada pangan di daerah Kuansing ini,” tambahnya.

Ia menyoroti kegagalan tahun sebelumnya yang tidak dapat melihat proses pada pola pengembangan yang berorientasi pada komiditi. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya melihat proses perkembangan komoditi secara holistik.

Untuk melaksanakan program tersebut, ia akan memerintahkan Kepala Dinas dan Camat untuk berkoordinasi dengan Pj Kades untuk segera mengukuhkan kembali Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di setiap daerah.

“PPL tersebut nantinya akan diarahkan untuk langsung beriteraksi dengan petani, serta melakukan pengawasan di lapangan,” ujarnya.

Dalam upaya menurunkan angka inflasi, Staf Ahli Bupati, Syamsir Alam menekankan pentingnya keseimbangan antara pasokan dan permintaan barang atau produk.

Menurutnya, jika pasokan tidak memenuhi permintaan, harga di pasar akan naik, maka akan meningkatkan angka inflasi.

“Kita bisa melihat bagaimana supply (Pasokan) serta demand (Permintaan) di pasar. Jika supply barang/produk kita tidak mencukupi sedangkan permintaan meningkat, maka harga di pasar akan naik. Artinya, ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan inflasi,” tambahnya.

“Untuk kedepannya, kita berjuang bersama dan fokus pada persediaan swasembada pangan, sehingga dapat menurunkan angka inflasi. Semoga dapat meningkatkan perekonomian seluruh petani kita di Kuansing ini,” pungkasnya.

Turut menghadiri rakor tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Ketahanan Pangan, Kadis Sosial PMD.

Kemudian Kadis Perkebunan, dan Perternakan, Sekretaris, Seluruh Camat, serta seluruh staf instansiĀ terkait lainnya.

(YS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait