Kalaksa BPBD Kabupaten Solok : Alhamdulillah Jalan Nasional Padang Panjang – Solok Sudah Bisa Dilalui Kenderaan

TOPSUMBAR – Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi melalui keterangan tertulis, Sabtu siang ini menginformasikan jalan nasional Padang Panjang – Solok sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

“Alhamdulillah, tepat pukul 14.00 WIB lalu lintas sudah bisa di lalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Saat ini tim sedang membersihkan sisa sisa lumpur,” ujar Irwan Efendi.

Ia menyebutkan, tidak lama pasca kejadian longsor alat berat dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) yang stand by di Padang Panjang sampai di lokasi dan langsung bekerja.

“Pembersihan material longsor dilakukan oleh Tim Damkar kabupaten Solok, BPJN, dan BPBD kabupaten Solok,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, jalan lintas nasional Padang Panjang-Solok (sebelumnya dilaporkan jalan raya Tanah Datar-Solok, red) tertutup longsor tepatnya di tonggak tuo, Jorong Tembok (sebelumnya dilaporkan di Mato Sie, Jorong Biteh), Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu (23/3/2024).

Akibatnya, jalan lintas yang berada pinggir Danau Singkarak itu terputus.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi melalui keterangan tertulis sebelumnya, menjelaskan longsor terjadi Pukul 09.00 WIB pada Sabtu (23/3/2024). Material longsor menutup badan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

“Ini diduga faktor hujan deras dari malam atau dini hari hingga pagi. Dan menyebabkan tanah di lokasi longsor. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, tapi ada kedai kecil yang berada di pinggir danau yang terdampak,” ucap Irwan Efendi.

(AL)

Pos terkait