Tribun Batanghari Sungai Dareh Gelap, Sejumlah Pengunjung Setia Nongkrong Nikmati Pesona dan Suasana Malam Arus Sungai

Tribun Batanghari Sungai Dareh Gelap, Sejumlah Pengunjung Setia Nongkrong Nikmati Pesona dan Suasana Malam Arus Sungai. (Foto: Dok.Istimewa)
Tribun Batanghari Sungai Dareh Gelap, Sejumlah Pengunjung Setia Nongkrong Nikmati Pesona dan Suasana Malam Arus Sungai. (Foto: Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Semenjak rampung, proyek pembangunan pengendalian banjir Batanghari Sungai Dareh terpantau selalu dikunjungi berbondong-bondong masyarakat.

Sejumlah pengunjung mengaku lebih memilih tribun tersebut untuk wisata lokal, karena selain suasananya yang nyaman, pemandangan jembatan kabel merah nan elok serta arus sungai yang terlihat tenang menjadi alasan pengunjung betah menghabiskan waktunya di lokasi tribun tersebut.

Bukan siang hari, antuasias pengunjung justru lebih banyak terpantau dimalam hari.

Mayoritas pengunjung merupakan wisatawan lokal, mulai dari para remaja hingga para maniak mancing yang selalu berjejer setia dengan joran pancingnya menunggu umpan disambar ikan sungai.

Salah satu pengunjung malam (Rinto) mengaku, ia yang berasal dari Sijunjung sengaja datang ke sini untuk melepas hobinya. Rinto juga mengatakan kalau umpan joran pancingnya selalu disambar ikan sungai. Selain ikan baung, soma, lokek, patin, buan, barau, siluang, bansai, paweh, ngongai, dan ikan tapa, suasana tribun yang nyaman pada malam hari menjadi daya tarik  tersendiri untuk selalu berkunjung.

Wali Nagari Sungai Dareh Irwadi saat diwawancarai Topsumbar melalui via WhatsApp, Jumat 22 Maret 2024, mengatakan saat ini Pemerintah Nagari sedang menunggu serah terima tribun.

Dirinya juga mengatakan sejumlah masyarakat pun sudah bertanya lokasi tribun apakah akan menyerap dan menfasilitasi pelaku UMKM untuk meramaikan tribun tersebut.

” Saat ini Tribun Batanghari belum melakukan serah terima dari balai ke pemda dan dari pemda ke nagari,  sejak dinyatakan rampung, kondisi tribun saat ini memang mengundang antusias pengunjung yang cukup banyak, kita berharap serah terima akan cepat terlaksana.”

“Tidak hanya pemerintah nagari, pelaku UMKM juga sudah mulai bertanya, lokasi tribun akankah menjadi tempat pelaku UMKM untuk mengais rezeki, dan sampai saat ini kita belum bisa menjawab dan memastikan itu semua, mengingat belum serah terima ke pihak nagari,” beber Irwadi.

(HMS)

Pos terkait