Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sungai Kuning Tanam Pepaya California

Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sungai Kuning Tanam Pepaya California (Foto: Dok.istimewa)

TOPSUMBAR – Pemerintah Desa Sungai Kuning, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi menanam 1100 batang pohon Pepaya.

Penanaman tanaman buah ini menjadi program ketahanan pangan di Tahun 2024.

Kepala Desa Sungai Kuning, Jumadi mengatakan, pada program ketahanan pangan Tahun 2024 ini direalisasikan dengan mananam Pohon Pepaya California.

Bacaan Lainnya

“Pada program ketahanan pangan ini komoditas yang ditanam adalah 1100 pohon Pepaya California,” ucap Kades Sungai Kuning Jumadi pada Senin, 18 Maret 2024.

Kades Sungai Kuning Jumadi mengungkapkan, salah satu alasan program ketahanan pangan ini direalisasikan dengan menanam papaya.

Hal tersebut dikarenakan pepaya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di desanya.

“Untuk jenisnya yang kita tanaman adalah pepaya california. Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, maka kita memilih tanaman pepaya untuk dijadikan program ketahanan pangan. Ini artinya dapat meningkatkan perekonomian di desa kita,” ujarnya.

Ditambahkannya, 1100 pohon pepaya ini ditanam di area tanah milik Pemerintah Desa Sungai Kuning dengan seluas kurang lebih 7000 meter persegi.

“Pepaya ini kita tanam di satu lokasi, nantinya akan dikelola oleh pengurus Kelompok Tani. Semoga program ini berhasil, sehingga dapat mencapai tujuan dalam menjaga ketahanan pangan di desa,” tambahnya.

Jumadi menyampaikan, harapannya agar pohon Pepaya California ini dapat memberikan motivasi bagi masyarakat.

Serta menyadari bahwasanya ketahanan pangan ini sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan perekonomian masyarakat Desa Sungai Kuning.

“Selama ini masyarakat Desa Sungai Kuning kehidupannya dengan berkebun kelapa sawit. Dengan adanya ketahanan pangan pepaya California ini, bisa meningkatkan lagi ekonomi masyarakat. Semoga ketahanan pangan pepaya California ini jadi motivasi bagi masyarakat. Dimana saat ini kebun masyarakat Sungai Kuning ada yang sedang di replanting, ” pungkasnya.

(YS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait