Pemerintah Kabupaten Agam Serius Tangani Keluhan Masyarakat terkait Jalan Provinsi Ruas Manggopoh-Padang Lua

Pemerintah Kabupaten Agam Serius Tangani Keluhan Masyarakat terkait Jalan Provinsi Ruas Manggopoh-Padang Lua

TOPSUMBAR – Menanggapi keluhan yang terus disuarakan oleh pengguna jalan di ruas Manggopoh-Padang Lua, mendapat perhatian dari Bupati Agam, Andri Warman.

Jalan sepanjang kurang lebih 69,6 KM tersebut menjadi perhatian utama bagi semua elemen masyarakat terutama media online maupun cetak.

Pemerintah Kabupaten Agam (Pemkab) telah menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat baik secara lisan maupun melalui surat resmi.

Bacaan Lainnya

Penanganan secara bertahap di jalan provinsi Manggopoh-Padang Lua setiap tahunnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Pemprov, yang mana jalan Manggopoh-Padang Lua merupakan kategori jalan provinsi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Agam, Ofrison, menyatakan bahwa Pemkab Agam senantiasa berkoordinasi dengan Pemprov dalam upaya penanganan jalan Manggopoh-Padang Lua.

Untuk tahun anggaran 2024, peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan provinsi Manggopoh-Padang Lua mencakup berbagai aspek, antara lain:

  1. Rekonstruksi dengan anggaran sebesar Rp 14.145.000.000, yang bersumber dari dana Bagi Hasil (DBH) sawit tahun 2023.
  2. Pelebaran jalan dengan anggaran sebesar Rp 2.660.000.000, yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Provinsi.
  3. Pemeliharaan rutin jalan di Kabupaten Agam dengan anggaran sebesar Rp 5.008.566.535, juga bersumber dari DAU Provinsi.

Meskipun penanganan ini masih belum mencapai tingkat optimal, namun Pemkab Agam memahami keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah.

Terpantau di lapangan, perencanaan peningkatan jalan telah dilakukan oleh Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat.

Beberapa upaya yang akan dilaksanakan yakni, pemeliharaan jalan di titik Padang Lua hingga Sungai Tanang sepanjang 1,2 km.

Serta renovasi jalan dari Matua ke Simpang Panta sepanjang 3,8 km. Selain itu, pelebaran jalan dari Simpang Gudang hingga Kampuang Tangah juga akan segera dilaksanakan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait