Musrenbang RKPD Kota Padang 2025 di Gelar, Fokus pada Peningkatan Infrastruktur Kota

Musrenbang RKPD Kota Padang 2025 di Gelar, Fokus pada Peningkatan Infrastruktur Kota

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar Musrenbang RKPD Kota Padang tahun 2025.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di ZHM Premiere Hotel Padang, dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, pada Kamis 21 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Hendri Septa menegaskan bahwa tahun 2025 menjadi momentum strategis, karena berakhirnya periode Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025.

Seluruh dokumen perencanaan harus disusun kembali dalam waktu bersamaan, termasuk rencana pembangunan jangka panjang tahun 2025-2045.

RKPD yang akan dirumuskan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2025-2026.

“RPD ini nantinya akan kita jadikan sebagai panduan penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini untuk mewujudkan transformasi Kota Padang menuju Kota Jasa Terkemuka yang berbasis Pendidikan dan Pariwisata,” jelasnya.

Menurut Hendri Septa, tema pembangunan tahun 2025 akan difokuskan pada peningkatan infrastruktur kota sebagai pusat destinasi berkelanjutan.

“Prioritas pembangunan strategis mencakup peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi kota. Serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Kepala Bappeda Kota Padang, Yenni Yuliza, menyampaikan bahwa tujuan Musrenbang RKPD adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah.

Kemudian menetapkan prioritas pembangunan, serta menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.

“Dengan demikian, melalui Musrenbang RKPD 2025 ini, Kota Padang berkomitmen untuk membangun masa depan yang berkelanjutan,” ujarnya.

“Selain itu juga memberdayakan potensi sumber daya manusia serta infrastruktur kota demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh,” pungkasnya.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait