Gempa Tektonik M5,3 Guncang Pesisir Selatan, Warga Padang Juga Ikut Berhamburan

TOPSUMBAR – Gempa yang cukup kuat mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat pada Rabu, 20 Maret 2024 siang. Warga di Kota Padang juga dikejutkan hingga berhamburan keluar rumah.

Diketahui, gempa tektonik dengan magnitudo M 5,3 mengguncang wilayah Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada hari Rabu, 20 Maret 2024, pukul 15.24.57 WIB.

Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui rilis tertulisnya, episenter gempa berada di laut, 87 km arah Barat Daya dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dengan kedalaman 43 km.

Bacaan Lainnya

Meskipun gempa ini dirasakan di beberapa daerah seperti Pesisir Selatan, Mukomuko, Sungai Penuh, dan Kota Padang dengan skala intensitas II – III MMI, BMKG menegaskan bahwa tidak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Hingga saat ini, tidak ada laporan kerusakan yang signifikan akibat gempa ini.

BMKG juga menyampaikan bahwa belum ada aktivitas gempa susulan (aftershock) yang terjadi setelah kejadian gempa utama.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada, serta menghindari bangunan yang mungkin rusak akibat gempa.

Informasi resmi sebaiknya hanya diperoleh dari sumber yang terverifikasi, seperti (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Untuk sementara, iulah informasi terkini mengenai gempa tektonik di Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan situasi dari sumber yang terpercaya.

Pos terkait