Ini Imbauan Kapolres Solok Selatan Jelang dan Selama Ramadhan 1445 H

Ini Imbauan Kapolres Solok Selatan Jelang dan Selama Ramadhan 1445 H

TOPSUMBAR – Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara mengatakan Menjelang bulan suci Ramadhan di Kabupaten Solok Selatan ada tradisi yang disebut tradisi balimau.

“Untuk tahun ini Tradisi Balimau di Pusatkan di Hot Waterboom dan Insya Allah dibuka oleh Bupati. Selain itu juga ada beberapa kegiatan seperti pembagian makanan gratis dan sebagainya”, ujar Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara.

“Saya harapkan masyarakat bisa menjaga keamanan diri sendiri dan keluarganya. Lakukan kegiatan positif serta tidak terlalu bereuforia menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan”, imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan selama bulan suci Ramadhan diharapkan tetap menjaga situasi Kamtibmas dan melakukan kegiatan yang positif.

“Saat menunggu berbuka puasa atau ngabuburit, jangan lakukan hal-hal negatif seperti balap liar karena pasti akan kami tertibkan. Lebih baik melakukan kegiatan positif seperti membaca Al Qur’an atau berbelanja takjil menyambut datangnya berbuka puasa”, katanya.

Ia berpesan bahwa sebelum berangkat ke masjid menunaikan ibadah shalat tarawih, pastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan terkunci.

“Kompor gas jangan lupa untuk di matikan agar menghindari tindak kejahatan atau hal lain yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Kapolres juga meminta untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan beribadah dengan tidak menyalakan kembang api, mercon atau hal lain yang dapat menganggu kekhusyukan orang beribadah.

“Untuk kembang api dan mercon nanti kami akan melakukan penertiban, karena ada aturan terkait ini mana yang boleh dan tidak boleh dinyalakan. Jika dinyalakan, tidak boleh berbahaya bagi diri sendiri atau orang lain”, katanya.

Di penghujung Ramadhan nanti bagi masyarakat yang akan mudik dan sebagainya ia meminta warga untuk memastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan terkunci.

Serta menitipkan rumah kepada tetangga, satpam, siskamling dan sebagainya guna menghindari tindak kejahatan.

“Terakhir, atas nama pribadi, keluarga dan kedinasan, Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala”, pungkasnya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait