Entry Meeting, Sekda Agam Minta Kepala OPD Siaga Selama Pemeriksaan BPK RI Wilayah Sumatera Barat

Entry Meeting, Sekda Agam Minta Kepala OPD Siaga Selama Pemeriksaan BPK RI Wilayah Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Sekda Kabupaten Agam, Drs. H. Edi Busti, M.Si, menginstruksikan kepala OPD untuk tetap siaga selama periode pemeriksaan BPK Sumbar.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah pertemuan awal (entry meeting) antara Sekda Agam dan tim BPK Sumbar di Ruang Rapat Kantor Bupati Agam pada Jumat, 1 Maret 2024.

“Tim BPK dijadwalkan akan melakukan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Agam selama 28 hari. Mulai dari tanggal 1 hingga 28 Maret 2023,” ungkap Edi Busti.

Bacaan Lainnya

Edi Busti menekankan pentingnya kesediaan kepala OPD untuk memberikan konfirmasi dan penjelasan kepada tim pemeriksa BPK jika diperlukan.

Ia mengharapkan respon yang cepat dari setiap OPD terkait selama proses pemeriksaan berlangsung.

“Dengan catatan yang ditemukan oleh tim selama pemeriksaan, kita akan belajar dan melakukan perbaikan secepatnya untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tambahnya.

Keputusan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Agam untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Serta memberikan responsifitas yang tinggi terhadap proses pemeriksaan oleh lembaga eksternal.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait