Sebanyak 462 Mustahik Menerima Zakat Program Pariaman Makmur dari BAZNAS Kota Pariaman

Sebanyak 462 Mustahik Menerima Zakat Program Pariaman Makmur dari BAZNAS Kota Pariaman

TOPSUMBAR – Sebanyak 462 Mustahik menerima penyaluran zakat melalui program Pariaman Makmur dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pariaman.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Plt. Wali Kota Pariaman, Roberia, di Mesjid Nurul Islam Kelurahan Jalan Kereta Api, Kecamatan Pariaman Tengah.

Roberia, di dampingi Staf Ahli Sadrianto dan Kepala Dinas Sosial M. Roem, menyampaikan pentingnya berbagi melalui zakat dengan para mustahik, terutama menjelang bulan suci Ramadhan.

Bacaan Lainnya

“Melalui zakat, kita berbagi rezeki, rasa persaudaraan, ibadah, dan kebahagiaan. Keberadaan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah non-struktural memiliki peran vital dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Pelayanan zakat ini untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi kemiskinan,” ujarnya Jumat 23 Februari 2024.

Roberia memberikan apresiasi tinggi untuk program BAZNAS Kota Pariaman yang telah memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat.

Ia berharap zakat yang di salurkan oleh BAZNAS dari ASN dan para Muzaki dapat bermanfaat, terutama ketika dana tersebut digunakan untuk usaha.

Ketua BAZNAS Kota Pariaman, Zalman Zaunit, menjelaskan bahwa BAZNAS memiliki lima program.

Program tersebut di antaranya Pariaman Cerdas untuk biaya pendidikan warga kurang mampu, Pariaman Makmur untuk bantuan ekonomi produktif kepada UMKM.

Pariaman Sehat untuk keuangan kesehatan warga tidak mampu, Pariaman Taqwa untuk zakat kepada tokoh agama, dan Pariaman Peduli untuk golongan penerima zakat dan korban bencana.

Pendistribusian Zakat Program Pariaman Makmur kali ini mencapai total Rp. 323.400.000 dan di berikan kepada 462 mustahik dari 4 Kecamatan di Kota Pariaman, dengan setiap mustahik menerima sebesar Rp. 700 ribu.

Zalman Zaunit juga merinci bahwa pada tahun 2023, BAZNAS Kota Pariaman berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp 5,8 Miliar, dan pada tahun 2024, mereka menargetkan penerimaan zakat sebesar Rp 6,5 Miliar.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait