Respon Cepat Pemko Pariaman Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Respon Cepat Pemko Pariaman Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok

TOPSUMBAR – Pemko Pariaman melakukan survei di Pasar Pariaman setelah mencatat adanya kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok menjelang Ramadhan 1445 Hijriah.

Alyendra, selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pariaman, menyatakan bahwa kenaikan ini dipengaruhi oleh sejumlah kendala.

Menurutnya, kendala tersebut seperti tersendatnya distribusi pangan dan kondisi cuaca yang mempengaruhi produksi bahan pokok.

Bacaan Lainnya

“Pemko Pariaman merespons kenaikan harga kebutuhan pokok dengan menurunkan tim untuk mencatat harga-harga yang naik. Kami akan mengatasi hal ini bersama dengan Dinas Pertanian Pangan Perikanan (DPPP),” ujarnya pada Senin 23 Februari 2024.

Ia juga menyampaikan bahwa jika kenaikan harga terus berlanjut, Pemko Pariaman berencana menggelar operasi pasar pada akhir Februari dan awal Maret 2024.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok.

Ia menambahkan bahwa pemerintah pusat dan daerah terus melakukan intervensi untuk mengontrol harga bahan pokok agar tidak menyebabkan inflasi di daerah.

Sebagai contoh, beberapa perubahan harga kebutuhan pokok di Pasar Pariaman termasuk kenaikan harga cabai merah keriting, cabai hijau, dan cabai rawit.

Harga beberapa jenis bahan pokok lainnya juga mengalami fluktuasi, seperti daging sapi, daging ayam, telur, dan beras.
Ia menegaskan bahwa Pemko Pariaman berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mengatasi dampak kenaikan harga tersebut.

Per hari Senin, 26 Februari 2024, sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga yakni, Cabai Merah Keriting Naik dari Rp60 ribu menjadi Rp75 ribu/kg. Cabai Hijau Naik dari Rp35 ribu menjadi Rp50 ribu/kg. Sementara, Cabai Rawit Naik dari Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu/kg.

Selain itu, terdapat beberapa bahan pokok mengalami perubahan harga, yakni Bawang Merah menjadi Rp32 ribu/kg, Bawang Putih menjadi Rp34 ribu/kg, Bawang Bombay Putih Rp25 ribu/kg.

Daging Sapi menjadi Rp150 ribu/kg, Daging Ayam menjadi Rp30 ribu/kg, Daging Ayam Kampung Rp60 ribu/kg.

Gula Rp18 ribu/kg, Telur Ayam Ras Rp43 ribu/lapik, Telur Ayam Kampung Rp38 ribu/kg, Kacang Hijau Rp21 ribu/kg, Kedelai Rp14 ribu/kg, Sedangkan Ikan Teri Rp70 ribu/kg.

Sedangkan harga Beras 42 Pariaman mengalami perubahan menjadi Rp17 ribu/kg, Beras Sokan Solok Rp19 ribu/kg.

Beras Anak Daro Rp18 ribu/kg, Beras Sokan Pariaman Rp17 ribu/kg, dan Beras SKA Rp17.500/kg.

Untuk minyak goreng curah mengalami perubahan harga menjadi Rp17 ribu/kg, dan Minyak Kemasan Rp20 ribu/Liter.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait