Penguatan Layanan KJSU dan KIA di RSUD dr. Rasidin Padang Diperluas oleh Kemenkes

Penguatan Layanan KJSU dan KIA di RSUD dr. Rasidin Padang Diperluas oleh Kemenkes

TOPSUMBAR – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengunjungi RSUD dr. Rasidin Kota Padang pada Jumat, 23 Februari 2024.

Kunjungan tersebut bertujuan memperluas dan memperkuat layanan kanker, jantung, strok, dan uronefrologi (KJSU) serta kesehatan ibu dan anak (KIA).

Budi Gunadi Sadikin, didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, menyampaikan bahwa Kemenkes telah memberikan bantuan alat penunjang, seperti CT Scan, dalam penanganan KJSU di RSUD Rasidin.

Bacaan Lainnya

“Kami memiliki rencana untuk meningkatkan lagi peralatan dengan teknologi terkini guna meningkatkan kualitas penanganan kesehatan di Kota Padang. Nilai investasi untuk peralatan ini mencapai puluhan miliar rupiah. Kami akan terus mengoptimalkan tenaga kesehatan untuk memastikan pemanfaatannya yang maksimal,” tuturnya.

SDM di RSUD Rasidin akan dipersiapkan melalui pemantapan ilmu dan pengetahuan di bidang KJSU. Pihaknya juga berencana memberikan beasiswa bagi dokter RSUD Rasidin guna meningkatkan pemahaman mereka.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada RSUD Rasidin Padang.

Perluasan layanan diharapkan membantu memperbaiki mekanisme rujukan, meningkatkan akses dan mutu layanan rumah sakit, serta menyediakan fasilitas kesehatan yang merata di daerah.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur RSUD Rasidin, Dessy Susanty, menyampaikan bahwa fasilitas di rumah sakit tersebut sudah memenuhi standar.

Namun, peningkatan layanan jantung intensif dan onkologi membutuhkan alat yang lebih canggih.

“Fokus kita tahun ini adalah peningkatan layanan jantung intensif dan onkologi. Program KJSU dari Kemenkes diharapkan dapat membantu kita menjadi lebih optimal,” pungkasnya.

Dalam kunjungan ini, juga turut hadir Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI Yuli Astuti Saripawan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Lila Yanwar, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati juga turut hadir.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait