Menghadapi Ancaman Erupsi Marapi, Dinkes Agam Optimalkan Layanan Kesehatan

Menghadapi Ancaman Erupsi Marapi, Dinkes Agam Optimalkan Layanan Kesehatan

TOPSUMBAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam menunjukkan respon cepat memberikan layanan kesehatan ekstra kepada masyarakat yang terdampak potensi erupsi Gunung Marapi.

Muhammad Iswon, Sekretaris Dinkes Agam, menjelaskan serangkaian tindakan telah diambil, termasuk distribusi masker kepada masyarakat sebagai langkah awal.

“Kami telah menyediakan masker bagi masyarakat dan anak sekolah. Membuka layanan kesehatan 24 jam di pusat kesehatan dan puskesmas, terutama di wilayah yang dekat dengan Gunung Marapi,” ujarnya pada Selasa 20 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

Selain pendistribusian masker, Dinkes Agam juga aktif menyelenggarakan edukasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dengan menggunakan mobil Puskesmas Keliling.

“Kami memberikan edukasi di sekolah-sekolah dan memberikan layanan kesehatan door-to-door dengan didampingi oleh Babinkamtibmas dan Babinsa. Kami juga melakukan pendataan untuk masyarakat berisiko tinggi yang berada pada jarak 3,5 Km – 8 Km dari Gunung Marapi,” tambah Iswon.

Ia menegaskan pentingnya masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang namun tetap waspada terhadap kondisi kesehatan,” tutur Iswon.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait