Balai Bahasa Sumbar dan Pemkab Agam Bersatu dalam Pelestarian Bahasa Daerah

Balai Bahasa Sumbar dan Pemkab Agam Bersatu dalam Pelestarian Bahasa Daerah

TOPSUMBAR – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat menegaskan komitmennya dalam melestarikan kekayaan linguistik daerah.

Salah satu upayanya yaitu pemanfaatan Bahasa daerah yang menjadi fokus dalam usaha memperkaya warisan budaya.

Bahasa Minangkabau menjadi sorotan utama dalam upaya memperkuat identitas budaya. Guru-guru Sumatera Barat memiliki peran krusial dalam menghidupkan kembali kekayaan bahasa daerah ini di kalangan siswa.

Bacaan Lainnya

Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat, Dr. Eva Krisna, menekankan pentingnya pelatihan bagi guru agar dapat menerapkan bahasa daerah ke dalam proses pembelajaran.

“Guru harus dilatih dan menerapkannya kepada siswa di sekolah,” ujarnya di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Selasa 13 Februari 2024.

Menurutnya, keterlibatan generasi saat ini sangat vital dalam menjaga kelestarian bahasa Minangkabau. Ini akan mendorong guru-guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik berbasis bahasa daerah.

“Guru dapat menyelenggarakan Lomba, Festival, dan Aktivitas Kreatif dengan Bahasa Daerah Minangkabau,” ucapnya.

Oleh karena itu, Balai Bahasa Sumatera Barat meminta kerjasama dari Pemerintah Kabupaten Agam untuk mengadakan lomba atau festival bahasa daerah.

“Kami berharap Pemkab Agam menerima kerjasama ini untuk merealisasikan kegiatan ini,” tambahnya.

Inisiatif tersebut berasal dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), sehingga Balai Bahasa Sumbar, sebagai bagian dari institusi tersebut, menyampaikannya kepada pemerintah daerah.

Bupati Agam, Dr. H Andri Warman, menyatakan dukungan penuh terhadap program Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang dijalankan melalui Balai Bahasa Sumbar. Menurutnya, regenerasi bahasa Minangkabau menjadi hal yang penting.

“Kami di Agam telah melaksanakan festival bahasa daerah ini. Jika Balai Bahasa Sumbar ingin bekerja sama, tentu kami mendukung,” ujarnya.

“Jika perlu MoU, kami selalu siap dan bersedia kapanpun diinginkan,” tambahnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait