Serah Terima Jabatan Camat, Langkah Penting Menuju Pemerintahan yang Efektif

TOPSUMBAR – Sinergi antara pemerintah kecamatan, TNI, Polri, Pemerintahan Nagari, dan tokoh masyarakat memegang peranan krusial dalam menjalankan roda pemerintahan.

Untuk itu, seorang camat, yang merupakan perwakilan Bupati di wilayah kecamatan, diharapkan dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan semua pemangku kepentingan guna menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, saat menghadiri serah terima jabatan Camat Suliki dan Camat Akabiluru pada hari Selasa, 16 Januari 2024, di kantor masing-masing Kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Bekerjasama secara sinergis oleh semua pihak menjadi kunci fundamental dalam upaya membangun Kabupaten Limapuluh Kota. Kami berharap Yalbaku Jevino dan Adriwan Frima Putra, yang kini menjabat sebagai Camat Akabiluru dan Suliki, dapat melaksanakan instruksi ini dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Bupati Safaruddin.

Serah terima jabatan Camat Suliki dilakukan dari Plt. Camat Rahmawati kepada Adriwan Frima Putra, sementara Camat Akabiluru diserahkan dari Nuzul Firman kepada Yalbaku Jevino.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK masing-masing kecamatan juga dilantik. Gustina Martha Adriwan menjabat Ketua TP PKK Suliki, sedangkan Qoriah Yalbaku Jevino menjabat Ketua TP PKK Kecamatan Akabiluru.

Dalam bagian lain pidatonya, Bupati menyatakan bahwa seorang camat merupakan representasi Kepala Daerah di kecamatan, yang diberikan sebagian kewenangan oleh Bupati untuk mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat, menjaga ketertiban umum, serta mengkoordinasikan penerapan Perda dan Peraturan Kepala Daerah. “Penting untuk meningkatkan manajemen pelayanan publik dan berinovasi guna menciptakan pelayanan yang bermutu, efektif, dan efisien,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota, Nevi Safaruddin, berharap agar TP-PKK Kecamatan tidak hanya menjadi dinamisator program dan kegiatan, tetapi juga terus membina kader, kelompok PKK, Dasawisma, dan masyarakat secara umum.

“Kita berharap TP-PKK Kecamatan dapat mendorong TP-PKK Nagari untuk mengatasi masalah stunting, karena ini berkaitan dengan masa depan generasi kita. Kami ingin mempersiapkan generasi yang cerdas dan ulet dalam menghadapi tantangan,” ucapnya.

(Ton).

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait