Bahas Kondisi Jalan, Bupati dampingi Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat Galugua Limapuluh Kota Temui Gubernur Sumbar

Bahas Kondisi Jalan, Bupati dampingi Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat Galugua Limapuluh Kota Temui Gubernur Sumbar

TOPSUMBAR – Bupati Limapuluh Kota bersama Wali Nagari Galugua dan sejumlah tokoh masyarakat, mengadakan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

Pertemuan tersebut berlangsung di Pendopo Gubernuran, Padang, pada Minggu pagi, 17 Maret 2024.

Topik utama pertemuan tersebut adalah kondisi ruas jalan menuju Nagari Galugua, yang merupakan kewenangan Pemprov Sumbar.

Bacaan Lainnya

Kondisi jalan yang mulus menjadi harapan bagi sekitar 2600 masyarakat Nagari Galugua.

Pertemuan tersebut berlangsung selama hampir satu jam dan dihadiri oleh Kepala Bapelitbang Provinsi, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang, Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota, serta Bamus Nagari Galugua.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menanggapi laporan tersebut dan menjelaskan bahwa Pemprov akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk perbaikan jalan.

Sebelum memulai pengerjaan, dinas terkait akan melakukan peninjauan pada 19 Maret 2024.

“Meskipun anggaran tersebut belum mencukupi untuk perbaikan keseluruhan jalan, tapi nanti akan kita dahulukan untuk titik-titik terparah yang sulit dilalui kendaraan,” ungkap Mahyeldi.

Dengan anggaran terbatas yang harus di bagi dengan 19 Kabupaten/Kota lainnya, Pemprov akan berusaha melalui dana Inpres untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah.

“Kami berharap pengajuan ruas jalan ini disetujui oleh Pemerintah Pusat agar tidak menghambat aktivitas sehari-hari masyarakat. Sehingga dapat terealisasikan di tahun 2024 ini,” tambahnya.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin menyambut baik keputusan Pemprov Sumbar untuk sementara waktu memperbaiki titik-titik terberat jalan ke Nagari Galugua.

Ia menekankan bahwa peningkatan pembangunan infrastruktur merupakan salah satu fokus utama dalam pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurutnya, Pemkab Limapuluh Kota telah mengalokasikan dana sebesar Rp 2,3 miliar di tahun 2024 untuk perbaikan infrastruktur jalan/jembatan di Nagari Galugua.

Prioritas tersebut akan di berikan pada jalan di depan kantor Wali Nagari Galugua untuk diperbaiki pada tahun ini.

Selain itu, Safaruddin juga menerima informasi dari Pemerintah Provinsi terkait perbaikan ruas jalan Payakumbuh-Lintau yang melalui Kecamatan Luak dan Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Menurutnya, perbaikan jalan di Luak dan Lareh Sago Halaban pada tahun 2024 akan menggunakan dana Instruksi Presiden senilai Rp 98 miliar.

Pada tahun 2024 ini, Pemkab Limapuluh Kota telah mengganggarkan Rp 2,3 Milyar untuk perbaikan infrastruktur jalan/jembatan di Nagari Galugua.

“Alhamdulillah, tahun 2024 ini perbaikan jalan di Luak dan Lareh Sago Halaban di ruas jalan Payakumbuh-Sitangkai akan menggunakan dana Instruksi Presiden senilai Rp 98 Miliar,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait