Padang Bagoro, Kota Padang Antusias Bersihkan Lingkungan Jelang Adipura 2024

Padang Bogoro, Kota Padang Antusias Bersihkan Lingkungan Jelang Adipura 2024

TOPSUMBAR – Dalam menghadapi H-1 “Padang Bagoro,” Pemerintah Kota Padang gencar bersihkan lingkungan untuk kembali meraih predikat Adipura tahun 2024.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menyoroti partisipasi seluruh lapisan masyarakat, khususnya RT dan RW, dalam rapat “Padang Bagoro” pada Jumat 26 Januari 2024.

“Hingga saat ini, sebanyak 3.456 RT dan 909 RW di Kota Padang akan meningkatkan upaya membersihkan halaman rumah dan sekitarnya.” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Hendri Septa juga mengingatkan akan pentingnya perhatian terhadap saluran air dan riol yang cenderung terisi endapan di sekitar perumahan warga.

Situasi ini dapat mengakibatkan genangan air bahkan banjir saat hujan intensitas tinggi.

“Saluran air dan riol sering digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Hal ini harus menjadi perhatian bersama untuk menghindari perilaku sembarangan membuang sampah.” tegas Hendri Septa.

Dengan jumlah produksi sampah harian mencapai 660 ton, sekitar 100 ton sampah sudah berhasil diolah di bank sampah.

Namun, masih ada sekitar 500 ton sampah yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin.

Wali Kota mendesak optimalisasi bank sampah di kecamatan ke depannya.

Selain itu, ia mencanangkan pengolahan sampah di TPA Aia Dingin dengan rencana pemerintah pusat menghibahkan sistem pengelolaan sampah Refused Derived Fuel (RDF) yang akan ditenderkan pada Februari mendatang.

“Diperlukan terus edukasi, terutama kepada siswa di sekolah, untuk menjadikan Padang Bagoro sebagai budaya generasi muda Kota Padang,” ujar Hendri Septa.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait