Membangun Kesehatan dan Ekonomi, Bantuan Ayam Petelur dari Perguruan Tinggi Unand untuk Masyarakat Nagari Kubang

TOPSUMBAR – Delapan Kepala Keluarga (KK) di Nagari Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, baru saja menerima bantuan berupa kandang ayam dan 50 ekor ayam petelur setiap KK.

Bantuan ini diberikan melalui kerjasama dengan Manajer Emron Farm, Emron Dt.Bijo, yang memiliki 5.000 ribu ayam petelur.

Penempatan, pemeliharaan, dan pengambilan telur dari ayam-ayam bantuan ini dilakukan dengan kerjasama Bapak Asuh, untuk kemudian digunakan sebagai sumber pangan bagi anak-anak yang mengalami stunting.

Bacaan Lainnya

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Tim Kesehatan Masyarakat Unand Padang, Dr. Demas Symond, MCN, bersama Ketua Tim UPPK Stunting, Dr. Ir. Yan Haryandi, M.Si., di Mesjid Al-Ihsan Jorong Taratak Kubang beberapa waktu lalu.

Penerima bantuan, seperti Pia, mengungkapkan rasa bahagianya, “Terimakasih kepada Perguruan Tinggi Unand yang telah memberikan bantuan ini, semoga keluarga kami menjadi lebih baik dan sehat. Terutama, anak-anak kami bisa menikmati telur setiap hari.”

Program ini mendapat apresiasi dari Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Nevi Safaruddin. Selain memberikan manfaat kesehatan, kehadiran kandang ayam dan ayam juga memberikan dampak positif ekonomi bagi keluarga.

Anak-anak yang mengalami stunting mendapatkan tambahan asupan protein melalui telur, selain susu dan ikan.

Dr. Ir. Yan menjelaskan, “Pertanyaan awal mengapa ayam diberikan kesempatan dibandingkan dengan telur adalah karena ayam dapat dipelihara dan menghasilkan telur. Cukup dengan satu butir per hari, telur dapat menjadi kontributor penting untuk pertumbuhan fisik dan otak anak-anak yang mengalami stunting.”

Meskipun pada awalnya penerima bantuan tidak langsung melakukan beternak sendiri, mereka diberikan edukasi dan panduan mengenai cara beternak, pemberian makan, dan pemeliharaan ayam melalui mentor, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Ir. Yan.

Ferrisipson, Kepala Jorong Taratak Kubang, menyampaikan, “Alhamdulillah, kasus stunting di Nagari Kubang sudah mengalami penurunan, dari 9 anak menjadi 8 anak. Di Jorong Taratak, dari 2 anak menjadi 1 anak. Harapan dari bantuan kandang ayam dan ayam dari Perguruan Tinggi Unand ini adalah meningkatkan ekonomi keluarga, di mana hasil penjualan telur dapat menjadi salah satu kontributor peningkatan perekonomian keluarga.”

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Pos terkait