Respons Cepat Kota Bukittinggi Pasca Erupsi, Penyiraman Debu Vulkanik dan Langkah-langkah Keamanan di Sekolah

TOPSUMBAR – Pada hari Senin, 4 Desember 2023, tim jajaran Walikota Bukittinggi Erman Safar merespons dengan cepat arahan terkait pasca erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu, 3 November 2023.

Pantauan media menunjukkan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bukittinggi, yaitu Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), aktif melakukan penyiraman debu vulkanik di pusat kota, khususnya di Taman Pedestrian Jam Gadang.

Petugas Damkar Kota Bukittinggi menyampaikan bahwa tindakan ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan pengunjung dan keasrian kota. “Ini kita lakukan demi menjaga kenyamanan pengunjung, dan keasrian kota,” kata salah satu petugas Damkar.

Bacaan Lainnya

Dari sektor pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi meminta agar seluruh sekolah di kota tersebut memastikan bahwa semua siswa dan guru mengenakan masker, dengan pihak sekolah bertanggung jawab menyediakannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi, Heriman, melalui Sekretaris Jecki, menyatakan instruksi tersebut.

“Kita telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah, mulai tanggal 5 Desember, agar memastikan penggunaan masker selama jam pelajaran,” ujar Jecki.

Ia menekankan bahwa instruksi ini dikeluarkan oleh Walikota sebagai upaya anticipatif terhadap penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan (ISPA) yang dapat berdampak signifikan terhadap peserta didik di kota tersebut, mengingat dampak cukup besar akibat letusan gunung tersebut.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait