Pesona Lima Puluh Kota, Produk IKM dan Usaha Ganepo Memikat TP PKK Pusat dan Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Kabupaten Lima Puluh Kota terus menarik perhatian sebagai destinasi unggulan dengan berbagai produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang selalu laris di borong oleh pengunjung.

Stand mini yang dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Lima Puluh Kota di rumah dinas Bupati menjadi tempat pameran cemilan, makanan, dan kerajinan tangan khas masyarakat, menciptakan daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung.

Pada Minggu 10 Desember 2023, Tim Penggerak PKK Pusat dan PKK Provinsi Sumatera Barat tertarik untuk memborong sejumlah produk IKM unggulan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

Kunjungan ini tak hanya sebatas berbelanja, tetapi juga untuk melihat secara langsung proses pengolahan usaha Ganepo di Kampung Mandiri, Jorong Padang Kandis, Nagari Tujuah Koto Talago, yang merupakan program pemberdayaan desa.

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, bersama Ketua TP PKK Lima Puluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin, menyambut langsung rombongan tersebut di rumah dinasnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan harapannya untuk mendapatkan dukungan dalam memajukan usaha Kelompok Mandiri Padang Kandih, terutama dalam pengemasan dan pengiriman produk, agar produk masyarakat semakin dikenal dan laris di pasaran.

Bupati Safaruddin menyoroti potensi bisnis usaha ganepo di Jorong Padang Kandis, menyebutnya sebagai usaha yang sangat menjanjikan dengan omzet mencapai 100 juta rupiah per hari.

Dukungan dari TP PKK Pusat dan TP PKK Sumatera Barat diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi masyarakat Padang Kandih dalam mengembangkan usaha mereka.

Ketua TP PKK Pusat, Ibu Yulia Akmal, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota atas sambutan hangat dan penyajian hidangan lezat.

Ia juga menjelaskan pemilihan Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai destinasi kunjungan mereka sangatlah tepat, mengingat potensi usaha yang berkembang pesat, termasuk usaha ganepo dan produk IKM lainnya.

Ibu Yulia juga memberikan penjelasan mengenai Program Unggulan TP PKK, yakni Program Galeri Pelangi, yang merupakan kegiatan terpadu dari tingkat pusat hingga desa/kelurahan, sinergis dengan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM keluarga dari segi pendidikan dan ekonomi.

Debby Seprima, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Industri, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Lima Puluh Kota, menambahkan informasi mengenai produk unggulan IKM Lima Puluh Kota yang dipamerkan, mencakup beragam produk makanan seperti keripik bayam, rendang daging, dan produk kerajinan seperti rajutan, batik gambir, sulam, dan songket.

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah dan TP PKK, diharapkan usaha masyarakat setempat semakin berkembang dan produk unggulan Lima Puluh Kota semakin dikenal di tingkat nasional.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait