Pemko Bukittinggi Serahkan Insentif Guru Non PNS, Langkah Konkret Menuju Pendidikan Berkualitas

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Bukittinggi, di bawah kepemimpinan Walikota Erman Safar, terus menunjukkan komitmen kuat terhadap dunia pendidikan dengan memberikan apresiasi terhadap kesejahteraan guru non ASN.

Erman Safar menegaskan bahwa Pemko Bukittinggi berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan guru non ASN.

Menurutnya, peran pendidikan sangat krusial dalam mendukung pembangunan negara, baik melalui pendidikan formal maupun non formal.

Bacaan Lainnya

Pernyataan tersebut sejalan dengan visi misi Pemko Bukittinggi, yakni menciptakan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah (ABS-SBK), dan salah satu misi utamanya adalah menjadi hebat dalam sektor pendidikan.

“Visi misi kita adalah menciptakan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah (ABS-SBK), dan salah satu misi utama adalah menjadi hebat dalam sektor pendidikan,” kata Erman Safar saat menyerahkan bantuan insentif untuk guru non PNS tahun 2023 di Gor Bermawi pada Rabu 13 Desember 2023.

Erman Safar menambahkan bahwa pada tahun 2023, Pemko Bukittinggi telah mengalokasikan dana sebesar Rp7.957.600.000 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk meningkatkan kesejahteraan guru non PNS di jenjang PAUD, SD, dan SMP di Kota Bukittinggi, sesuai dengan misi Hebat dalam sektor pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Herriman, menjelaskan bahwa bantuan intensif untuk guru non PNS yang diserahkan merupakan honor triwulan III dan IV tahun 2023.

Bantuan sebesar Rp600.000 per bulan diberikan selama 6 bulan kepada 966 guru non PNS yang terdaftar di Kota Bukittinggi pada jenjang PAUD, SD, dan SMP.

Herriman menambahkan bahwa pihaknya juga membayarkan insentif kepada guru selama periode Juli hingga Desember 2023 dengan total Rp3.600.000, serta menyalurkan tunjangan kesejahteraan sebesar Rp1.000.000 ke rekening masing-masing guru.

Selain itu, dalam acara tersebut, Walikota memberikan reward kepada siswa berprestasi, seperti pemenang Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD/SMP dan pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD/SMP.

Dengan langkah-langkah ini, Pemko Bukittinggi berupaya memberikan dukungan komprehensif untuk kemajuan pendidikan dan kesejahteraan guru di wilayahnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait