Pelantikan Ketua PKPS, Pesisir Selatan Menuju Pembangunan Berkelanjutan

TOPSUMBAR – Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd., menghadiri acara Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) pada hari Minggu 3 Desember 2023 di MEER VON KANDIH Kota Sawahlunto.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa selama kepemimpinan Rusma Yul Anwar dan Rudi Haryansyah sejak tahun 2021, Pemerintah Daerah Pesisir Selatan belum sepenuhnya dapat meningkatkan pembangunan karena sebagian besar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan untuk penanganan COVID-19 pada awal masa kepemimpinan mereka.

Ia juga menambahkan bertahap, Pemda Pesisir Selatan mulai menata rencana pembangunan di setiap wilayah Pesisir Selatan.

Bacaan Lainnya

Bupati menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Pesisir Selatan telah menerima dana sebesar Rp. 157 miliar dari Pemerintah Pusat.

Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan Pelabuhan Panasahan Painan, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bupati mengajak semua perantau untuk mendukung kebijakan dan program-program pemerintahan dengan memberikan dukungan dan saran positif, yang diharapkan akan membawa perubahan positif pada kampung halaman.

“Selamat kepada Ketua PKPS Kota Sawahlunto terpilih, Bapak Yonarial, beserta Pengurus PKPS Kota Sawahlunto periode 2023-2028. Semoga bisa memberikan kemajuan dalam pengembangan Pesisir Selatan,” ucap Bupati.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada panitia dan pengurus yang telah mengundang dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Ketua PKPS Kota Sawahlunto.

Bupati mengingatkan anggota PKPS untuk selalu kompak di kampung orang, menjauhi perbedaan dalam pengambilan kebijakan, karena hal itu dapat menjadi sumber konflik dan keretakan di antara anggota PKPS.

“Satulah dan jalinlah hubungan yang baik dengan masyarakat setempat, karena seperti pepatah Minang mengatakan, ‘Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang,’” tutupnya.

Kegiatan ini mengusung tema “Semangat Badunsanak, Basamo Mambangun Sawahlunto jo Kampung Halaman,” dan dihadiri oleh Ketua DPW PKPS Sumatera Barat yang diwakili oleh Dr. Edi Ewarno, Pj. Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M.Si, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu, SE, Ketua PKPS DPD Sijunjung, PKPS Kabupaten Sijunjung, PKPS Kota Solok, Kepala Dinas Pertanian Pesisir Selatan Madrianto, S. Hut., M.SI, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Damel Van Wanda, ST, MM, MT, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Andriwan Tudi, ST., MT.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait