Sumatera Barat Bersiap Jadi Pusat Industri Halal, Komitmen Gubernur dalam RPJP 2025-2045

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, dengan tegas menyatakan komitmennya dalam memperkuat pengembangan industri halal saat menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Provinsi Sumatera Barat untuk periode 2025-2045.

Pernyataan ini disampaikan pada Rapat Feseability Study (FS) Industri Halal Provinsi Sumbar pada Selasa 16 Januari 2025 di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

“Dalam proses perancangan awal RPJP Sumbar 2025-2045, kami akan secara hati-hati mengintegrasikan pengembangan industri halal ke dalam rencana tersebut. Setiap rincian lebih lanjut akan dimasukkan ke dalam setiap Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah,” ungkap Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Pemprov Sumbar fokus pada pengembangan industri halal karena melihat potensi yang besar dan lengkap di daerah ini untuk menjadi pusat industri halal, bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga di skala global.

Gubernur menekankan bahwa inisiatif ini bukan hanya aspirasi daerah, tetapi juga menjadi harapan dan dukungan penuh dari pemerintah pusat terhadap Sumbar.

“Dorongan yang konsisten dari Presiden dan Wakil Presiden untuk memaksimalkan potensi kami sebagai pusat ekonomi dan industri halal sangat signifikan. Ini adalah peluang luar biasa mengingat tren ekonomi dunia yang saat ini beralih ke praktik ekonomi halal,” tambah Gubernur.

Untuk itu, Gubernur menyatakan bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sumbar, bersama dengan pemerintah kabupaten dan kota, harus bekerja sama secara kolaboratif untuk mengoptimalkan potensi mereka dalam mendukung pertumbuhan industri halal melalui program-program yang akan dirancang.

“Dengan komitmen bersama, kami yakin dapat mencapai hasil maksimal dan mewujudkan Sumbar sebagai pusat industri halal,” tutup Gubernur.

Rapat FS tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi, Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi, Pakar Industri Halal, Prof. Irwandi Jaswir, dan perwakilan dari CSQ International Consulting, Mazlan Tuhiman. Rapat diikuti oleh pejabat dari berbagai OPD, lembaga vertikal, perwakilan perbankan, pelaku usaha, dan pihak terkait lainnya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait