Komitmen Pembangunan Daerah Pinggiran, Bupati Resmikan Gedung Baru SD 09 Maek, Kabupaten Limapuluh Kota

Komitmen Pembangunan Daerah Pinggiran, Bupati Resmikan Gedung Baru SD 09 Maek, Kabupaten Limapuluh Kota

TOPSUMBAR – Bupati Safaruddin resmi meresmikan gedung baru UPTD SD Negeri 09 Maek, menegaskan komitmennya pada pembangunan di daerah pinggiran.

Program pemerintahan difokuskan ke nagari terluar dan terjauh dari Ibukota Kabupaten Limapuluh Kota, Sarilamak.

Hal tersebut menunjukkan adanya komitmen pemkab pada pembangunan di daerah pinggiran.

Bacaan Lainnya

Para OPD diinstruksikan untuk memberikan perhatian khusus pada wilayah terluar dan terjauh di Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin membuktikan komitmennya membangun daerah pinggiran melalui renovasi UPTD SD Negeri 09 Maek di Nagari Maek, Bukit Barisan.

Peresmian tersebut berlangsung pada hari Kamis, 25 Januari 2024 di Gedung Baru UPTD SDN 09 Maek, Nagari Bukit Barisan.

Selama puluhan tahun sejak didirikan, sekolah di aliran Batang Maek tersebut jarang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan fokus pada pembangunan sumber daya manusia dan mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Pada tahun 2022, kita memberikan perhatian khusus pada SD 09 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Alhamdulillah telah terlaksana.” ucapnya.

Ia menambahkan, Renovasi tersebut senilai Rp.450 Juta yang menghasilkan bangunan representatif dan memiliki beberapa ruangan yang dapat digunakan.

“Alhamdulillah dana sekitar Rp.450 Juta pada 2023, sekolah di samping SMP N 2 Bukit Barisan direnovasi menjadi bangunan representatif dengan beberapa ruangan.” tambahnya.

Peresmian tersebut dihadiri Anggota DPRD Limapuluh Kota Doni Ikhlas, Kepala Dinas Pendidikan Afri Efendi, Kepala DPMDN, dan undangan lainnya.

Bupati juga menginstruksikan seluruh komponen Pemerintahan untuk mempercepat pembangunan di Limapuluh Kota, komitmen mengejar ketertinggalan.

“Prioritas utama adalah pembangunan sumber daya manusia. Gedung yang representatif meningkatkan motivasi anak-anak kita dalam menuntut ilmu.” sambungnya.

“Selain resmikan gedung sekolah, kami hadir dengan pelayanan dokumen kependudukan dan cek kesehatan gratis untuk masyarakat Maek.” ungkapnya.

Alisman, ketua komite UPTD SD 09 Maek, dan tokoh masyarakat Nagari Maek sangat bangga dengan komitmen Bupati Limapuluh Kota membangun daerah pinggiran.

“Komitmen beliau terasa nyata. Setelah puluhan tahun sekolah ini berdiri, baru kali ini mendapat rehabilitasi berat dari Pemerintah.” ujarnya.

Ia berharap komitmen ini dapat berlanjut, bahkan ditambah program pembangunan yang bisa dirasakan masyarakat di daerah pinggiran Limapuluh Kota.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait