Gubernur Sumbar Tinjau Longsor Silungkang, Imbau Gunakan Jalur Alternatif

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi meninjau Jalan Lintas Sumatera yang mengalami longsor di Silungkang, Kota Sawahlunto pada Sabtu, 30 Desember 2023.

“Kepada pengguna jalan dari Payakumbuh atau Bukittinggi yang menuju Jambi, Palembang dan Jakarta sebaiknya menghindari jalur ini, guna mengurangi beban jalan dan resiko,” ujar Gubernur Mahyeldi didampingi Pj. Walikota Sawahlunto Zefnihan.

“Alternatifnya dari Bukittinggi dan Payakumbuh ke Jakarta adalah melewati Sitangkai terus ke Sijunjung maupun sebaliknya,” lanjut Gubernur Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Saat peninjauan itu, gunernur juga didampingi Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar Thabrani, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Erasukma Munaf serta pejabat lainnya.

Selain jalan nasional di Silungkang, longsor juga menimpa jalan propinsi di Sijantang yang menghubungkan Sawahlunto dengan Kabupaten Tanah Datar.

Intensitas hujan yang cukup tinggi pada Jumat malam hingga Sabtu dinihari telah menimbulkan longsoran pada badan jalan di pinggir sungai.

Pada kunjungan tersebut, gubernur telah mengkoordinasikan bersama instansi terkait untuk mengambil langkah-langkah strategis, mengingat jalur itu adalah urat nadi Sumatera Barat menuju Jakarta. (AG/JupriAK)

Pos terkait