Periode Dasarian III Februari 2024, Sumbar Masih Mengalami Musim Hujan, Ini Pesan Gubernur Mahyeldi

Periode Dasarian III Februari 2024, Sumbar Masih Mengalami Musim Hujan, Ini Pesan Gubernur Mahyeldi

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, mengajak instansi terkait dan masyarakat Sumbar untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana selama Dasarian III Februari 2024.

Hal ini menyusul perkiraan bahwa sebagian besar wilayah Sumbar masih akan mengalami musim hujan.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah Gubernur menerima laporan peringatan dini dan laporan iklim Sumbar Dasarian III Februari 2024 dari BMKG.

Bacaan Lainnya

Laporan tersebut mencatat bahwa situasi el nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) diperkirakan akan kembali netral pada April 2024 mendatang.

“Sebagian besar wilayah Sumbar memasuki musim hujan selama Dasarian II Februari 2024. Diperkirakan akan berlanjut hingga Dasarian III atau 10 hari terakhir Bulan Februari ini,” ungkapnya Jumat, 23 Februari 2024 di Padang.

Gubernur menambahkan bahwa peningkatan kewaspadaan diperlukan di seluruh wilayah Sumbar.

Hal ini untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan longsor serta potensi dampak yang mungkin ditimbulkan.

Ia juga mengimbau instansi terkait di lingkup Pemprov Sumbar, seperti BPBD, Dinnsos, dan Dinas Kesehatan.

“Saya mengimbau Intansi lingkup Pemprov untuk selalu siap siaga dan menjalin komunikasi dengan instansi vertikal terkait. Serta jalin komunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Sumbar agar dapat mengantisipasi potensi dampaknya bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan hidup berdampingan dengan alam guna meminimalkan potensi bencana hidrometeorologi.

“Kita berterima kasih kepada BMKG yang terus memberikan peringatan kepada Pemprov Sumbar. Kami juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalani aktivitas harian dengan maksimal dalam suasana yang kondusif. Tetap menjaga alam dengan baik dan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait