Evaluasi EPSS, Kota Bukittinggi Sabet Gelar Penyelenggaraan Statistik Terbaik

TOPSUMBAR – Walikota Bukittinggi, Erman Safar, menerima penghargaan sebagai Penyelenggaraan Statistik Sektoral Terbaik tahun 2023 melalui Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) oleh BPS Sumbar.

Acara pemberian penghargaan diselenggarakan di The Balcone Hotel pada Rabu, 6 Desember 2023.

Pemerintah Kota Bukittinggi, salah satu dari lima kabupaten kota di Sumbar, diapresiasi dalam Program EPSS oleh BPS Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Martias Wanto, Sekretaris Daerah yang mewakili Wali Kota Erman Safar, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bukittinggi terus berkomitmen meningkatkan penyelenggaraan statistik sektoral.

Fokus utama adalah pada akurasi dan keandalan data dengan mengadopsi prinsip satu data Indonesia, yang mencakup standar data, metadata, dan interoperabilitas data.

Instruksi dari Wali Kota menjadi dorongan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung upaya pencapaian satu data Indonesia, terutama dalam konteks data Kota Bukittinggi.

Martias Wanto menegaskan bahwa hasil EPSS akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Kota Bukittinggi untuk lebih terarah dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral dan pelayanan publik di bidang statistik, mengacu pada kebijakan Kota Jam Gadang.

Sugeng Aryanto, Kepala BPS Sumbar, menjelaskan bahwa EPSS merupakan penilaian sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi.

Hal ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral, memberikan landasan yang kuat bagi kemajuan dan kualitas data di wilayah tersebut.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait