Bukittinggi Bersinar, Meraih Penghargaan Parahita Ekapraya 2023 dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Bukittinggi menerima Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) di Gedung Metro TV Kebun Jeruk, Jakarta Barat, 19 Desember 2023.

Penghargaan Parahita Ekapraya diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran kepemimpinan mereka dalam memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di berbagai sektor pembangunan.

Bacaan Lainnya

Penganugerahan Parahita Ekapraya tahun ini didasarkan pada evaluasi Pelaksanaan Program Pengarusutamaan Gender (PUG) tahun 2022.

Sebanyak 360 instansi, terdiri dari 16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi, dan 316 Kabupaten/Kota, melaporkan hasil evaluasi mandiri mereka.

Setelah Verifikasi Akhir, sebanyak 12 Kementerian/Lembaga, 25 provinsi, dan 237 Kabupaten/Kota berhasil menerima Penghargaan Parahita Ekapraya Tahun 2023.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, yang didampingi oleh Kepala Bapelitbang, Robby Novaldi, dan Kepala DP3APPKB, Nauli Handayani, menegaskan bahwa Pemko Bukittinggi akan terus berkomitmen untuk menciptakan kesetaraan gender.

Tujuan utama dari program pengarusutamaan gender ini adalah memastikan keadilan dan kesetaraan dalam hal akses, partisipasi, manfaat, dan kontrol dalam pembangunan, sehingga terjadi kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.

(JA)

Pos terkait