Sosialisasi Pemilih Pemilu 2024, Apresiasi Warga untuk KPU dan Anggota DPR RI

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat melalui KPU Bukittinggi bersama Anggota DPR RI Komisi II, Rezka Oktoberia, menggelar sosialisasi pendidikan dan pemilih dalam rangka pemilu serentak 2024.

Seorang warga dari Bukik Apik, Kota Bukittinggi, mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada KPU RI melalui KPU Kota Bukittinggi serta Anggota DPR RI dari Komisi II, Rezka Oktoberia.

Mereka menyampaikan hal ini kepada wartawan ketika KPU dan Rezka Oktoberia melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu serentak 2024 di Hotel Nikita Kota Bukittinggi pada Kamis siang 9 November 2023.

Bacaan Lainnya

Debi Fitri Anggraini, salah satu warga Bukit Apit Kota Bukittinggi, menyatakan, “Kami mengucapkan terima kasih atas program Sosialisasi Pemilih Pemilu Serentak 2024 yang diadakan oleh KPU dan Komisi II DPR RI. Berkat sosialisasi ini, kami sekarang tahu cara dan metode memilih, termasuk berapa surat suara yang harus diisi dan warnanya.

“Sosialisasi yang diinisiasi oleh KPU dan Komisi II DPR RI sangat membantu masyarakat dalam memahami tata cara memilih. Kami berharap kegiatan semacam ini akan sering diadakan agar masyarakat lebih memahami cara memilih,” tambah Debi Fitri Anggraini.

Rezka Oktoberia menyampaikan kepada wartawan bahwa tujuan dari kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2024 di Kota Bukittinggi adalah untuk memanfaatkan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

Ia menekankan bahwa baik ikut memilih maupun tidak, keduanya adalah hak yang sah. Dalam Pemilu, hak pilih masyarakat diawasi oleh KPU dengan pengawasan dari Bawaslu dan mengikuti tahapan-tahapannya.

“Kami hadir di sini untuk Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2024 bukan dalam rangka kampanye. Karena KPU adalah salah satu mitra kerja dari Komisi II DPR RI. Pemilu adalah sarana bagi rakyat untuk menjalankan kedaulatan dan juga merupakan wadah demokrasi bagi bangsa ini. Kami berharap masyarakat memandang berbeda pilihan sebagai hal yang wajar, dan kami mengingatkan untuk berhati-hati terhadap berita hoax karena bisa menimbulkan masalah hukum di kemudian hari,” kata Anggota DPR RI dari Komisi II tersebut.

Ketua KPU Kota Bukittinggi, Satria Putra. S. Hum, menyampaikan bahwa setelah ditetapkannya pelaksanaan Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, KPU bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan anggota DPR melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk memastikan keberhasilan pemilihan umum serentak tahun 2024.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama dan mengajak sanak saudara ke Tempat Pemungutan Suara untuk memilih pada pemilu 2024 nanti, dan pastikan membawa Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sebagai syarat untuk memilih.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, perwakilan KPU RI Ajeng Ayu dan Ermina, Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Elfitrimen, Kabag Teknis Penyelenggara Pemilu dan Partisipasi Hubungan Masyarakat KPU Sumbar Sutrisno, Ketua KPU Kota Bukittinggi Satria Putra. S. Hum, serta narasumber Drs. Yasrul, MM, mantan anggota KPU Kota Bukittinggi selama dua periode.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait