Rapat Koordinasi, Menghapus Kekerasan dari Satuan Pendidikan di Agam

TOPSUMBAR – Pada Rabu 1 November 2023, Asisten II Setda Agam, Jetson, mewakili Bupati Agam dalam membuka secara resmi rapat koordinasi mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan, dengan tujuan mewujudkan sekolah yang ramah anak.

Acara ini berlangsung di Balairong Rumah Dinas Bupati Agam, Padang Baru Lubuk Basung.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Dinas Pengendalian Penduduk KB PP PA Kabupaten Agam, dan Polres Agam.

Bacaan Lainnya

Isra, Kepala Disdikbud Agam, menjelaskan bahwa acara ini dihadiri oleh 99 peserta, terdiri dari Kepala SMP, anggota komite, dan TPPK Agam Barat.

Ia juga menyampaikan bahwa harapannya, kegiatan ini memberikan pemahaman yang cukup kepada para peserta mengenai strategi pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan Kabupaten Agam.

Jetson, yang mewakili Bupati Agam, menekankan pentingnya pendidikan karakter dan implementasinya di sekolah untuk mengurangi kasus perundungan di lingkungan pendidikan.

“Para guru diharapkan dapat bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat untuk menghentikan perilaku perundungan, baik secara fisik maupun verbal,” tambahnya.

Jetson menegaskan bahwa hak-hak anak untuk merasa aman dan nyaman selama menjalankan kewajiban dasar mereka dalam pendidikan harus dijamin.

Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam upaya pencegahan.

Ia juga mengajak untuk bersama-sama kita menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, bersih, dan sehat, yang peduli terhadap budaya lingkungan hidup, dan mampu melindungi anak-anak dari kekerasan, diskriminasi, serta perlakuan salah lainnya.

(FKS)

Pos terkait