Rakor Akhir Tahun 2023, Sumbar Berkomitmen Tingkatkan Geopark Silokek ke Tingkat Unesco Global

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, turut menghadiri Gala Dinner Rapat Koordinasi (Rakor) Akhir Tahun 2023 dan Perencanaan Program Kerja Tahun 2024 Komisi Perencanaan Komite Nasional Geopark Indonesia di Rumah Dinas Bupati Sijunjung pada Minggu 19 November 2023.

Pada kesempatan ini, Gubernur menyatakan tekadnya untuk mewujudkan Geopark Silokek meraih status Unesco Global Geoparks (UGGp).

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PPN/Bappenas, terutama Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam (SDA), yang telah memilih Sumbar sebagai tuan rumah Rakor Geopark Indonesia tahun ini.

Bacaan Lainnya

Beliau menegaskan komitmen Provinsi Sumbar untuk mengembangkan Geopark Silokek agar segera mencapai status UGGp.

Gubernur juga menyoroti potensi geologi Sumbar yang berskala internasional, dengan patahan Sumatera yang memanjang, bukit-bukit kecil, pergeseran alur sungai, dan danau-danau sebagai dampak dari pergeseran kontur bumi.

“Geopark Silokek telah masuk dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik Nasional, dan Sijunjung sudah selangkah lebih maju. Kami berharap, kabupaten/kota terkait, tenaga ahli geopark, dan penggerak geopark dapat bekerja sama membangun dan mengembangkan geopark di Sumbar agar menjadi geopark mendunia,” ujar Gubernur.

Provinsi Sumbar berencana menetapkan tema Geopark di Ranah Minang dengan tajuk “Living Harmoni with Great Sumatra Fault”. Gubernur berharap mendapatkan bimbingan dari Tim Pakar Geopark Nasional dalam pengembangan geopark di Sumbar.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas, Vivi Yulaswati, menekankan keindahan alam Sumbar yang luar biasa dan berharap Geopark Silokek segera masuk ke dalam Unesco Global Geopark (UGGp) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, menyoroti keterlibatan masyarakat setempat sebagai pelaku utama dalam menjaga kelestarian alam di sekitar Geopark Silokek.

Pemkab Sijunjung telah menjadikan Geopark Nasional Silokek sebagai tema pembangunan dan masuk dalam RPJMD, menunjukkan keseriusan dalam mendukung pengembangan Geopark Nasional Silokek.

Turut hadir dalam gala dinner rakor tersebut, Ketua Dewan Pakar KNGI, Mega F Rosana; anggota Komite Nasional Geopark Indonesia, Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp), Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, Pj Wali Kota Sawahlunto, serta Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait