Prestasi Luar Biasa, Firdaus Jawara TIK Nasional dari Kota Solok

TOPSUMBAR –  Firdaus, sosok penyandang disabilitas berusia 37 tahun yang menjadi kebanggaan Kota Solok, baru saja mengunjungi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok pada hari Selasa 7 November 2023, setelah kembali dari kunjungan studi ke Korea Selatan pada tanggal 26 Oktober hingga 1 November 2023 lalu.

Sebagai informasi, Firdaus yang tinggal di Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok, merupakan juara I Lomba TIK Tingkat Nasional untuk Disabilitas pada tahun 2022.

Sebagai pemenang I Tingkat Nasional dan daerah 3T, ia diberikan kesempatan untuk mengikuti program Sociopreneur Training di Rumah Perubahan, yang akhirnya difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengunjungi Korea Selatan.

Bacaan Lainnya

Selama kunjungannya, Firdaus disambut dengan hangat oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok, Heppy Dharmawan.

Firdaus mengungkapkan kebahagiannya dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, memungkinkannya kembali ke tanah air dengan membawa kabar baik sebagai pemenang kompetisi di Korea Selatan.

“Dengan segala keterbatasan fisik, saya bersyukur berhasil membanggakan Kota Solok di Korea Selatan dengan sebuah prestasi,” ujarnya penuh rasa syukur.

Firdaus meraih juara 1 dalam kompetisi TIK di Korea Selatan, dan hadiahnya termasuk rekrutmen oleh perusahaan di Korea Selatan yang bekerjasama dengan Indonesia.

Firdaus mengungkapkan bahwa kemenangan ini adalah impian yang sudah lama diidamkan. “Sejak kecil, saya selalu bermimpi bisa memenangkan kompetisi dan bersaing dengan negara-negara lain di kancah internasional,” katanya.

“Jangan jadikan situasi sebagai alasan untuk menyerah; kekurangan dalam diri justru dapat menjadi kekuatan yang membawa kelebihan,” pesannya.

Selain berkompetisi, Firdaus bersama 12 rekan penyandang disabilitas lainnya dari Indonesia juga memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak penyandang disabilitas di sana melalui sebuah kegiatan.

Firdaus juga menyampaikan harapannya agar seluruh layanan di Kota Solok lebih memfasilitasi penyandang disabilitas untuk mempermudah akses mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Heppy Dharmawan, dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi dan selamat kepada Firdaus yang telah mengharumkan nama Kota Solok.

“Selamat untuk Firdaus, semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan ketika kembali ke Kota Solok, dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi warga kita,” ujar Kadis Kominfo.

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait