Pesoda Limapuluh Kota, Ajang Inspiratif Atlet Disabilitas Intelektual

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengadakan Pekan Spesial Olympic Daerah (Pesoda) untuk pertama kalinya, sebuah platform bagi penyandang disabilitas intelektual untuk menampilkan kemampuan dan bakat mereka dalam kompetisi olahraga.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, didampingi oleh Ketua Pengcab SOIna (Special Olympic Indonesia) Limapuluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin, di Pelataran Halaman Kantor Bupati, Sarilamak, pada Senin, 13 November 2023.

Pembukaan Pesoda pertama ini menjadi momen yang meriah, dimulai dengan defile atlet dan official dari 14 Sekolah Luar Biasa (SLB) se Limapuluh Kota.

Bacaan Lainnya

Keseruan acara semakin bertambah dengan pertunjukan seni yang melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus. Rencananya, ajang ini akan berlangsung selama 13-14 November 2023, dengan partisipasi sekitar 300 atlet dan official.

Terdapat lima cabang olahraga yang dipertandingkan, termasuk Atletik di Gor Singa Harau, Bocce di Halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota, Bulu Tangkis di GOR Kantor Bupati Lama, Renang di Kolam Renang Batang Tabik, dan Tenis Meja di SLBN 1 Harau.

Pembukaan dihadiri oleh Pj.Sekda Limapuluh Kota, Herman Azmar, unsur Forkopimda, Anggota DPRD Limapuluh Kota, Doni Ikhlas, para Asisten, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan bahwa pembangunan bidang olahraga memiliki peran kunci dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama bagi pelajar disabilitas.

Pesoda dianggap sebagai bagian integral dari sistem pembinaan olahraga, dengan tujuan menemukan bakat dan pemain berprestasi di tingkat Provinsi dan Nasional.

Bupati berharap bahwa Pesoda dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan kegiatan SOIna, meningkatkan pembibitan olahraga, melaksanakan kompetisi olahraga SOIna secara profesional, berkelanjutan, dan berjenjang.

Selain itu, terselenggaranya Pesoda diharapkan dapat mempersiapkan atlet SOIna Limapuluh Kota untuk mengikuti ajang Pesoda tingkat provinsi pada tahun 2024.

Ketua SOIna Limapuluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin, menyatakan bahwa penyelenggaraan Pesoda sesuai dengan visi SOIna, yaitu memberikan kesempatan kepada penyandang tuna grahita untuk menjadi individu yang berguna dan produktif serta menjadi bagian aktif dalam masyarakat melalui olahraga.

Melalui Pesoda, diharapkan para atlet dapat menyalurkan kompetensinya di bidang olahraga dan meraih prestasi di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait