Pembinaan Kader Mahasiswa, MASTA sebagai Landasan Pengembangan IMM Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pasaman Barat terus berinovasi dan melangkah maju melalui program rekrutmen calon kader Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Kabupaten Pasaman Barat.

Langkah positif ini nampak dari penyelenggaraan Masa Ta’aruf (MASTA) bagi calon kader IMM Pasaman Barat, yang digelar di Komplek Perguruan SMP Al Azhar Muhammadiyah Sukamenanti Simpang Empat Pasaman Barat pada Ahad 12 November 2023 dan diikuti oleh 21 peserta.

Acara MASTA kali ini diisi oleh para pemateri yang berpengalaman, antara lain Abror Lisman Sekretaris PD Muhammadiyah Kab. Pasaman Barat, Denni Meilizon Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kab. Pasaman Barat, dan Aditia Pratama Ketua MPKSDI PDM Kab. Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

Tak ketinggalan, hadir pula tokoh-tokoh seperti Gusmizar dari FOKAL IMM Daerah Sumatera Barat, Harapan dari FOKAL IMM Pasaman Barat, Tri Tegar Marinduri Ketua PC IMM Pasbar periode 2019 – 2023, Ketua PC IMM Pasbar periode 2023 – 2024 terpilih beserta jajarannya, dan Ketua Komisariat IMM di berbagai Perguruan Tinggi di Pasaman Barat.

Dalam sambutannya, Denni Meilizon menggarisbawahi pentingnya kegiatan Ta’aruf sebagai sarana memperkuat ikatan dan hubungan antar calon kader serta kader IMM.

Ia menekankan agar kegiatan ini tidak hanya menjadi seremonial semata, tetapi harus memberikan dampak positif dalam perjuangan IMM sebagai bagian dari Muhammadiyah di bidang Kemahasiswaan.

Alwi Septian, Ketua PC IMM Pasaman Barat, yang didampingi oleh Soffan dan Nasrul Hadi sebagai Sekretaris dan Bendahara PC IMM Pasaman Barat, menjelaskan bahwa penguatan kader di setiap komisariat menjadi prioritas utama selama masa kepemimpinannya.

Semangat IMM untuk mencerdaskan, humanis, dan edukatif akan diusung ke berbagai kampus di Pasaman Barat guna mencetak aktifis akademis dan intelektual.

Ketua Panitia MASTA, Arif Rusman, menyampaikan kepada media bahwa kegiatan MASTA merupakan langkah awal yang akan diikuti dengan jenjang pengkaderan Darul Arqam Dasar (DAD). Rencananya, DAD akan dilaksanakan setelah PC IMM Pasbar dikukuhkan oleh PD IMM Sumatera Barat pada 26 November 2023 mendatang.

Sekretaris PDM Kab. Pasaman Barat, Abror Lisman, memberikan apresiasi positif terhadap langkah-langkah yang diambil untuk memperkuat IMM Pasaman Barat. Ia menegaskan bahwa IMM merupakan wadah yang mengakomodir kekuatan dan potensi mahasiswa, sejalan dengan komitmen Muhammadiyah dalam membina kader untuk mencapai tujuan Islam yang sebenarnya.

Abdul Azis, mahasiswa STAI YAPTIP dan peserta MASTA, menyebutkan rasa apresiasinya terhadap materi acara yang padat informasi, meningkatkan wawasan tentang kemahasiswaan, kemuhammadiyahan, dan organisasi mahasiswa di Indonesia.

Gusmizar, FOKAL IMM Sumatera Barat, berharap agar pergerakan IMM di Pasaman Barat semakin kuat dan mendapat pengakuan, dengan dukungan senior alumni IMM di Pasaman Barat untuk memberikan ruang kreativitas kepada mahasiswa dalam mengembangkan IMM Pasaman Barat.

(MPI PDM Pasbar)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Pos terkait