Pembangunan Infrastruktur Papua Barat, Bandara Siboru dan Douw Aturure Diresmikan oleh Presiden Jokowi

TOPSUMBAR – Presiden Joko Widodo dengan gembira mengumumkan bahwa wilayah Papua tengah mengalami perkembangan pesat dalam sektor pembangunan dan ekonomi.

Pada saat meresmikan Bandar Udara Siboru dan Bandar Udara Douw Aturure pada Kamis, 23 November 2023, di Bandar Udara Siboru, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Presiden Jokowi menyoroti pentingnya fasilitas transportasi yang lebih baik untuk mendukung pertumbuhan ini.

“Pembangunan di Papua semakin berkembang, dan dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, diperlukan fasilitas dan sarana transportasi yang lebih baik,” ungkap Presiden dengan penuh semangat.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi mengakui bahwa akses transportasi di wilayah Papua masih merupakan tantangan. Beberapa daerah di Papua masih sulit dijangkau, sehingga perjalanan dari satu daerah ke daerah lain membutuhkan waktu yang cukup lama.

Ia menyampaikan bahwa pembangunan Bandara Siboru dan Bandara Douw Aturure yang kita resmikan hari ini akan meningkatkan konektivitas di Papua, memperbaiki mobilitas orang dan barang, serta membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi dan usaha.

Presiden menjelaskan bahwa kedua bandara baru ini akan berperan sebagai jembatan udara di masing-masing provinsi.

Sebagai contoh, Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, diharapkan dapat menghubungkan Kabupaten Fakfak dengan berbagai wilayah, seperti Kabupaten Sorong, Kabupaten Kaimana, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

“Bandara Siboru akan menjadi jembatan udara di Papua Barat, menghubungkan Fakfak dengan berbagai daerah lainnya,” papar Presiden dengan penuh harapan.

Sementara Bandara Douw Aturure di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, diharapkan dapat mempertajam konektivitas Kabupaten Nabire dengan berbagai wilayah lintas provinsi, seperti Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat dan Kota Jayapura di Provinsi Papua.

Presiden Jokowi mengajak pemerintah daerah untuk memastikan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan kedua bandara tersebut dengan optimal, baik untuk pergerakan orang maupun untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh Papua.

Ia juga menambahkan bahwa manfaatkan akses yang semakin terbuka untuk memperkenalkan potensi dan destinasi wisata di daerah kita ini, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Papua.

Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, Pj. Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere, Ketua DPRD Provinsi Papua Barat Orgenes Wonggor, serta Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil.

Fakfak, 23 November 2023
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait