Peluang Baru, Gubernur Sumbar Rundingkan Kerja Sama dengan Australia

TOPSUMBAR –  Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, beserta rombongan, mengunjungi kediaman Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams di Jakarta pada Senin 13 November 2023.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas rencana kerja sama antara Sumbar dan Australia, yang akan dilanjutkan dengan kunjungan kerja Gubernur Mahyeldi ke Australia pada tanggal 21-27 November mendatang.

“Kami bersyukur atas sambutan hangat dari Dubes Australia dan diskusi yang konstruktif mengenai rencana kerja sama antara Sumbar dan Australia. Kami sangat dihargai dengan jamuan makan yang ramah dari Ibu Duta Besar,” ujar Gubernur Mahyeldi setelah pertemuan.

Bacaan Lainnya

Gubernur menyatakan bahwa pada tanggal 21-27 November, ia akan melakukan kunjungan kerja ke Australia dengan fokus pada implementasi beberapa poin kerja sama yang telah dibahas sebelumnya.

Salah satu poin kunci adalah pengoptimalkan pemanfaatan Bandar Udara Mentawai (BUM), yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober 2023.

“Mentawai merupakan destinasi unggulan, terutama bagi peselancar, dan banyak wisatawan Australia yang mengunjungi Mentawai. Namun, saat ini mereka sering melakukan transit tanpa langsung menuju Sumbar. Peresmian BUM oleh Presiden membuka peluang untuk penerbangan langsung Australia – Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” jelas Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menekankan bahwa pembukaan BUM menjadi peluang untuk mendorong penerbangan langsung, memungkinkan wisatawan Australia tiba di BUM dan melanjutkan perjalanan ke Sumbar. BUM dapat diakses oleh Pesawat Jenis ATR dengan kapasitas penumpang hingga 70 orang.

“Kami berencana memaksimalkan pembukaan BUM dan menarik wisatawan Australia sebagai pasar utama. Kunjungan ke Australia nantinya juga akan membahas kerja sama dalam ekspor produk seperti bumbu rendang dan masakan khas Sumbar. Terdapat berbagai peluang kerja sama yang dapat dioptimalkan,” tambah Gubernur.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur didampingi oleh sejumlah pejabat terkait, antara lain Kepala Dinas Pariwisata, Luhur Budianda; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Novrial; Kepala DPMPTSP, Adib Alfikri; Kabiro Pemerintahan, Donny Rahmat Samulo; Kepala Badan Penghubung, Aschari Cahyaditama; Kepala Biro Adpim, Mursalim, serta sejumlah pejabat dan staf Pemprov Sumbar terkait lainnya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait