Meningkatkan Kesehatan Masyarakat, Pertemuan Tatalaksana Hipertensi di Kota Solok

TOPSUMBAR – Dinas Kesehatan Kota Solok, melalui Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM), baru saja sukses menyelenggarakan pertemuan Jejaring Tatalaksana Pencegahan Hipertensi untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Solok.

Acara ini berlangsung di Aula dr. Umar Ismail Rivai, Dinas Kesehatan Kota Solok pada Rabu 29 November 2023.

Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam pelayanan kesehatan bagi penderita Hipertensi dan membangun jejaring tatalaksana guna mengendalikan faktor risiko hipertensi.

Bacaan Lainnya

Ns. Jalisnawati, S.Kep, selaku Sub Koordinator penyakit PTM Dinas Kesehatan Kota Solok, membuka pertemuan dengan memberikan informasi bahwa selama bulan Oktober dan November 2023, seluruh OPD di wilayah kerja Puskesmas se-Kota Solok telah menjalani pemeriksaan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular.

Dari total 1.289 orang yang diperiksa, sebanyak 25,8% atau 332 orang ditemukan memiliki tekanan darah di atas normal.

Oleh karena itu, pertemuan jejaring tatalaksana hipertensi diadakan untuk memastikan bahwa tekanan darah dan gula darah yang tinggi dapat dikontrol, sehingga tidak mengganggu produktivitas dalam bekerja.

Jalisnawati menekankan, “Peserta jejaring tatalaksana hipertensi berjumlah 37 orang, melibatkan seluruh OPD di Kota Solok.”

Kegiatan jejaring tatalaksana ini melibatkan metode pemberian materi dan diskusi bersama narasumber ahli, yaitu Ketua PDUI Cabang Sumatera Barat, dr. H. Syafruddin, MARS.

Syafruddin menyampaikan bahwa hanya 3 dari 10 penderita hipertensi dan diabetes yang terdeteksi, sedangkan yang lainnya tidak menyadari sakitnya karena tidak muncul gejala sampai terjadi komplikasi. Dari 3 penderita tersebut, hanya 1 orang yang menjalani perawatan rutin.

Syafruddin menambahkan, “Faktor risiko penyakit hipertensi melibatkan kebiasaan merokok, kegemukan, stres, asupan garam, dan tingkat konsumsi karbohidrat dan lemak. Penanganan hipertensi membutuhkan komitmen tinggi dan konsistensi sepanjang hidup. Oleh karena itu, dokter akan terus mengingatkan untuk menjalani perawatan rutin demi kesehatan yang optimal.”

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait